Pasific Pos.com
Kriminal

Polisi Sorong Tangkap Dua Tahanan Kabur

Jayapura,- Kepolisian Resort Sorong dibantu Brimob Papua kembali berhasil menangkap dua tahanan Polres Sorong yang kabur dari rumah tahanan, sepekan lalu. Kedua tahanan ini yakni Ayup Matias Satia dan StelloPicauli alias Faldi yang proses hukum keduanya sudah masuk dalam Tahap I.
Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Sulistyo Pudjo Hartono menegaskan tertangkapnya kedua tahanan tersebut sebagaimana informasi dari masyarakat. “Kedua tahanan ini ditangkap diseputaran Sorong, setelah dilakukan pengejaran selama 10 hari sejak Rabu (3/9) lalu,” terang Pudjo, Minggu (14/9).
Pudjo juga menjelaskan bahwa sejauh ini pihak Polres Sorong telah berhasil menangkap lima orang  dari tujuh orang tahanan yang kabur. Satu tahanan bernama adalah Corneles Ongeng Karisago terpaksa dilumpuhkan oleh anggota gara-gara melakukan perlawanan di Kelapa Dua, Sorong, Kamis (4/9).
Sedangkan dua tahanan lain  yakni Bonadri alias Andri dan Sukarman alias Karman yang ditangkap Timsus Polres Sorong di persembunyiannya di Kampung Kokoda, Sorong pada Minggu (7/9) sekitar pukul 20.30 WIT. ”Keduanya, menurut Kabidhumas terlibat kasus pencurian kulkas dan barang-barang di sebuah kois di Sorong dan berkasnya masih SPDP (Surat Perintah Dimulainya Penyidikan),” ungka dia.
Pudjo menegaskan saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap dua tahanan Polres Sorong lainnya. ”Jadi masih sisa dua yang belum kita tangkap, yaitu Andreas Lobat alias Andi dan Fredirikus Temorubun alias Ongeng yang keduanya terkena Pasal 362 jo 363 gara-gara mencuri kabel Telkom dan saat ini sudah masuk Tahap I,” kata Pudjo.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa tujuh tahanan di Polres Sorong kabur pada Rabu (3/9) sekitar pukul 04.00 WIT. Anggota polisi yang berjaga waktu itu berinisial Bripka YT sedang meninggalkan penjagaan untuk mendatangi rumah pelapor KDRT sedangkasn satu lagi sedang istirahat.
Ketujuh tahanan ini kabur dengan cara membengkokkan dua buah jeruji besi yang ada di atap rumah tahanan menggunakan kain dan kayu.