Pasific Pos.com
Kriminal

Polisi Selidiki Terbakarnya Kantor Arsip Pemprov Papua

JAYAPURA,- Sekertaris Daerah Papua, Hery Dosinaen, didampingi para asisten meninjau lokasi kantor Depo Arsip Papua di Buper, Waena, distrik Heram Kota Jayapura, yang terbakar Rabu (24/1/18) pekan lalu.

Dari pantauan di lapangan, Sekda dan para asisten melihat lokasi kantor yang terbakar serta memerintahkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah segera mencari tempat yang baru guna menyelamatkan dokumen-dokumen yang masih ada.

Sekertaris Daerah Papua, Hery Dosinaen menyatakan, kasus kebakaran ini telah ditangani oleh pihak kepolisian.

“Sudah dipasang garis polisi di lokasi kebakaran dan sedang mencari siapa pelakunya. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Wakapolda Papua, untuk menuntaskan kejadian ini,” ujar Sekda Hery, Senin (29/1/18).

Kata Sekda, Pemerintah sangat prihatin dan sangat menyesal, karena banyak dokumen-dokumen sebelum Irian Barat bergabung dengan NKRI, bahkan dokumen-dokumen penting sejak tahun 1950-an hingga tahun 2006 yang musnah karena musibah ini,” katanya.

Terkait kebakaran ini, aku Sekda, Gubernur telah memerintahkan dirinya untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian guna mencari fakta-fakta penyebab kebakaran termasuk apakah ada indikasi sengaja dibakar.

Adapun Dokumen yang terbakar antara lain, arsip peta pertambangan yang ada sejak jaman Belanda, dokumen batas-batas wilayah sejak masa orde baru sampai sekarang, serta dokumen-dokumen pemekaran wilayah.

Sementara itu ketika ditanya apakah sudah ada dugaan tentang siapa pelaku pembakaran kantor DAP tersebut, Hery mengaku, sudah dua nama yang menjadi catatan. Namun, ini menjadi tugas kepolisian membuktikan fakta-faktanya.

Menurutnya, arsip ini merupakan catatan sejarah yang sebetulnya tidak boleh hilang. Namun dengan kejadian ini tentunya menjadi catatan penting untuk kita semua, untuk bisa melakukan pengawasan dan pengamanan yang lebih ketat dari kita Pemprov untuk semua dokumen. Ini menjadi hilang hanya karena tindakan-tindakan dari oknum yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.