Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Polisi Sampaikan Pesan Tertib Berlalu Lintas di YPKP Sentani

Suasana Upacara di YPKP Sentani yang diikuti oleh Satlantas Polres Jayapura.

SENTANI, – Kanit Dikyasa Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura, Bripka Sipora Samon menyampaikan pesan tertib berlalulintas kepada para pelajar. Pesan tersebut disampaikan saat Bripka Sipora bertindak sebagai inspektur upacara bendera di sekolah YPKP Sentani Kabupaten Jayapura. Senin, (24/02) pagi.

Dalam upacara yang dihadiri anggota Satuan Lalu Lintas, para guru dan juga siswa sekolah YPKP Sentani, meminta agar seluruh pelajar harus taat serta tertib dalam berlalulintas.

“Ini semua demi keselamatan kita bersama sebab tertib berlalulintas bukan hanya untuk keselamatan kita sendiri tapi untuk semua orang yang menggunakan kendaraan,”katanya.

Ditempat berbeda, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH,. M.Si melalui Kasat Lantas AKP Andika Temanta Purba, SH., S.IK mengatakan bahwa pagi tadi anggotanya menghadiri dan bertindak langsung sebagai inspektur upacara bendera.

“Hal ini dilaksanakan berdasarkan fakta dilapangan yang kami temui bahwa masih banyak anak sekolah yang sudah dijinkan orang tuanya dalam mengendarai sepeda motor, padahal mereka belum cukup umur dan belum memiliki SIM sehingga hal ini dianggap perlu untuk kami sosialisasikan saat upacara bendera di sekolah – sekolah yang ada di Sentani,” jelasnya.

Menurutnya, jiwa dari anak muda seringkali ingin menunjukan kehebatan yang dia miliki dengan ugal-ugalan sehingga mengakibatkan kecelakaan kepada diri sendiri dan orang lain. “Makanya sedini mungkin kami memberikan himbauan serta pesan tertib berlalulintas. Yang mana terdapat tiga faktor yang menyebabkan tingginya angka kecelakaan berlalu lintas,”

“Pertama yakni faktor pengendara atau diri kita sendiri, banyak kasus akibat pengendara yang ugal-ugalan dan kondisi yang kurang fit, yang kedua karena faktor jalan dimana masih banyak ditemui jalan dengan kondisi yang bisa beresiko kecelakaan, serta yang ketiga faktor kelengkapan kendaraan, tertib berlalu lintas merupakan sebuah tindakan yang mulia,”sebutnya.

Tentunya kata Kasatlantas, sebagai orang terpelajar sudah dapat menarik kesimpulan sendiri bahwa peraturan dibuat juga demi keselamatan.
“Untuk itu jadilah pelopor keselamatan dari diri kita sendiri,”singkat Kasat sembari mengajak semua para pelajar.

Artikel Terkait

Gali potensi Kerajinan Tangan Berbasis Budaya Masyarakat Lokal, Balai PPMD Gelar Pelatihan

Jems

Minta Dukungan dan Restu Adat, FPKPPE Papua Temui Ondofolo Yanto Eluay

Jems

Peserta Jambore Kader PKK Diingatkan Tetap Jalankan Prokes Ketat

Jems

Wakili Kapolda Papua, Kapolres Jayapura Serahkan Sapi Qurban

Jems

BPD Forum SOPAN Resmi di Lantik Bupati Mathius

Jems

Ungkap Kasus Curanmor, 1 Pelaku dan 1 Motor Diamankan Satreskrim Polres Jayapura

Jems

Ini Pernyataan Sikap Forum Indonesia Bersatu, Sikapi Penolakan Otsus Jilid II

Jems

Bhabinkamtibmas Polres Jayapura Diharapkan Terus Buat Terobosan dan Inovasi Pelayanan Publik

Jems

Mulai Rabu, Mall dan Pusat Perdagangan Beroperasi Sampai Pukul 18.00 WIT

Jems