Pasific Pos.com
Papua Barat

POLISI CILIK MEMBERI WARNA PADA PERAYAAN HUT BHAYANGKARA KE-72

Manokwari, TP – Perayaan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke – 72 diwarnai oleh berbagai atraksi salah satunya oleh Polisi Cilik (Pocil) yang direkrut oleh Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat Rabu (11/7).     

Program perekrutan yang diadakan oleh POLDA menindaklanjuti surat keputusan (SK) dari Kapolda. Surat perekrutan ditujukan ke Sekolah Dasar (SD) se-kota Manokwari di wilayah Rayon Pasir Putih hingga Sowi dengan seleksi ketat mengutamakan siswa yang berperingkat 1 – 10, tentunya ditunjang oleh kesehatan yang baik, ungkap Inspektur Polisi II (IPDA) Subhan Ohoimas selaku instruktur Polisi Cilik yang ditemui tim Tabura Pos di ruangannya di Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda.

Seleksi dimulai pada Januari 2018 terbentuk Juli 2018. Seleksi internal selama 2 minggu melibatkan anggota Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) Papua Barat dan seleksi eksternal selama 1 minggu melibatkan 2 pendamping tim dari Jakarta yaitu Ujang Zainal Muthakim; yang merupakan pelatih nasional sekaligus pencetus polisi cilik Indonesia yang memulai pencetusan dari wilayah Indramayu Jawa Barat pada tahun 2010 dan Rahmat.

Kedua pendamping diatas adalah koreografer yang menggembleng para polisi cilik ini selama sebulan penuh. Satuan Karya (Saka) Bhayangkara Praja Muda Karana (Pramuka) Provinsi Papua Barat yang datang dari berbagai sekolah menengah atas se-kota Manokwari juga diikutsertakan untuk mendampingi dan melatih Pelatihan Baris Berbaris (PBB) sebelum diambil alih pelatihan koreografi oleh para ahli.

Subhan menjelaskan bahwa kegiatan polisi cilik ini bukan yang pertama kali karena sebelumnya juga sukses diadakan pada tahun 2016 dimana pocil telah tampil pada ajang Hari Anak Nasional (HAN), tampil di Istana Negara pada apel bendera peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus, juga pada rapat Interpol di Bali dan 2017 yang tidak diperincikan.

Di momen yang sama ini juga telah dikirim 10 orang Polisi Cilik perwakilan Provinsi Papua Barat untuk mengikuti HUT Bhayangkara di Jakarta masing – masing 8 putra daerah dan 2 pendatang yang berdomisili di kota Manokwari untuk menampilkan peragaan pocil bersama 4 Polda lainnya di Indonesia yakni Korp Lalu Lintas (KORLANTAS), Polda Metrojaya Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Polda Jawa Barat dan Polda Jawa Tengah. 

“Merubah kharakter anak dari dunia bermain ke dunia militer itu sulit dan butuh proses” ucap Subhan. Pihaknya akan melakukan Road Show ke sekolah – sekolah secara terjadwal untuk bersosialisasi tentang kedisiplinan militer kepada masyarakat memberi contoh kepada masyarakat tentang disiplin berlalulintas, mematuhi tata tertib lalu lintas sehingga bisa menekan pelanggaran lalulintas.

Ditelusuri lebih lanjut seputar keikutsertaan pocil pada event lomba Polisi Cilik Nasional, Subhan menegaskan pada saat ini belum ada perintah lebih lanjut karena pihaknya harus menunggu konfirmasi dari Polda Metrojaya Jakarta, Markas Besar (Mabes) POLRI yang akan jadi panitia. Hal ini dibenarkan oleh Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Papua Barat AKBP Yoga Prastowo “Pocil harus dalam keadaan siap sampai di Jakarta nanti, tidak ada lagi penggemblengan hanya memberi sedikit pengarahan tentang lomba tersebut” pungkas Yoga sembari bercandaria dengan stafnya di ruangan kerja yang sama. [CR – 48]