Pasific Pos.com
Kriminal

Polisi Belum Simpulkan Motif Kebakaran Rumah Ketua Panwaslu Mamteng

WAMENA,- Polres Mamberamo Tengah, hingga saat ini belum menyimpulkan kebakaran rumah Ketua Panwaslu Mamteng, Yacob Kenelak dan Sekertaris Panwaslu Yohan Palili.

“Mengenai kebakaran yang dikaitkan dengan Pilkada itu, kita belum bisa menyimpulkan. Karena belum ada tindak lanjut penyidikan,”terang Kapolres Mamteng AKBP Deni Herdiana kepada pers di Kota Wamena, Sabtu (30/7/2018).

Dijelaskannya kondisi rumah yang terbakar itu sudah kosong selama tiga bulan. Diakuinya ada beberapa orang yang mengaitkan kasus kebakaran ini terkait dengan Pilkada. Akan tetapi aparat kepolisian tidak berani berbicara ke arah sana. Karena belum ada penyelidikan dan penyidikan.

“Hari ini (Sabtu, 30/6/2018) telah dilakukan olah TKP tadi pagi. Terbakarnya pada hari Jumat, 29 Juni 2018 sekitar Pukul 22:15,”jelasnya.

Adapun olah TKP dipimpin Wakapolres Kompol Kores Weisimon bersama Kabagops dan bersama anggota Reskrim.

“Rumah itu terbuat dari kayu, sehingga sangat mudah terbakar. Apalagi tidak ada air. Belum dapat dipastikan apakah ada indikasi terbakar atau dibakar. Kita belum bisa menyimpulkan,”akunya.

Diketahui, peristiwa kebakaran itu terjadi pada hari Jumat tanggal 29 Juni 2018 sekitar Pukul 22.10 wit bertempat di Kompleks Perumahan barak 15 Distrik Kobakma, Kabupaten Mamberamo Tengah.

Akibat kebakaran itu menyebabkan 1 unit rumah dinas yang bertipe couple dua pintu di perumahan Eselon 3 DPRD Kabupaten Mamteng.

Saat itu saksi tetangga bernama Otto Wanimbo mendengar suara kayu yang patah dari arah sebelah rumah yang terbakar. Saksi mengira suara tersebut adalah suara babi.

Kemudian Pukul 22.02 wit saksi yang sedang berada di dalam rumah sambil bermain gitar keluar untuk mengecek sumber suara tersebut. Lalu saksi melihat api telah menyala dari arah belakang rumah milik Yakob Kenelak dan Yohan Palili.

Pukul 22.18 wit Tim Respon Polres Mamberamo tengah beserta Anggota BKO Brimob,dan Pos Ramil Kobakma tiba di lokasi kebakaran.

Pukul 22. 19 Wit Tim Respon Polres Mamberamo Tengah beserta anggota BKO Brimob Kabupaten Mamberamo Tengah membantu mengamankan lokasi Dan mengeluarkan barang milik saksi Okto

Sekitar Pukul 22.50 Wit api berhasil padam dengan sendirinya.