Pasific Pos.com
Kriminal

Polisi Bekuk Pengedar Ganja di Tanah Hitam Abepura

Jayapura, – lagi-lagi seorang pria berinisial JK (33) yang diduga sebagai pengendar ganja di Kota Jayapura berhasil dibekuk anggota Opsnal Direktorat Reserse Narkoba Polda Papua, Jumat (9/2/18) lalu.

Pelaku ditangkap saat hendak bertransaksi narkotika di Seputaran ruko percetakan Tanah Hitam distrik Abepura, dari tangan pelaku anggota berhasil mengamankan barang bukti ganja kering siap edar yang dikemas di dalam tiga bungkus plastik bening ukuran sedang, empat plastik ukuran kecil serta satu kantong kresek sedang.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM.Kamal mengungkapkan penangkapan pelaku yang merupakan Bandar ganja tersebut berawal dari informasi masyarakat yang resah atas peredaran ganja di seputaran Tanah Hitam sehingga anggota melakukan penyelidikan dan lebih lanjut.

“Pelaku ditangkap beserta barang bukti ganja kering siap edar, sementara sampai saat ini pelaku serta barang buktinya sudah diamankan dikantor Dit Narkoba Polda Papua untuk pemeriksaan lebih lanjut,” jelasnya melalui rilis yang diterima Minggu (11/2/18) siang.

Kata Kamal, dari keterangan sementara pelaku, mengakui barang haram tersebut miliknya yang didapat dari seseorang yang berada di dekat perbatasan RI-PNG.

“Pelaku beli dengan harga Rp 2 juta dan dijual perplastiknya seharga Rp 50 ribu. Dugaan sementara pelaku memiliki jaringan dan penyidik masih akan kembangkan dari penangkapan tersebut,” tuturnya.

Sementara atas perbuatanya pelaku dijerat dengan pasal 111 dan pasal 114 ayat satu undang-undang nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman di atas 10 tahun penjara.