Pasific Pos.com
Papua Barat

Polda Papua Barat Berhasil Kumpulkan 106 Kantong Darah

Manokwari, TP – Polda Papua Barat kembali menggelar kegiatan bakti sosial berupa donor darah dalam rangka menyongsong HUT Bhayangkara ke-72 tahun, di Mapolda Papua Barat, Senin (25/6).

Kepala Bidang Dokkes Polda Papua Barat, AKBP dr. Sariman mengaku kegiatan tersebut merupakan aksi kemanusian sebagai bentuk kepedulian Polri untuk menyelamatkan jiwa orang lain.

“Target kita mengumpulkan sebanyak 200 kantong darah, harapannya tercapai,” ungkap dr. Sariman kepada para wartawan disela-sela kegiatan donor darah, kemarin.

Menurut dr. Sariman, donor darah memiliki aspek kemanusiaan dan aspek medis. “Aspek kemanusiaan tentu untuk menolong sesama, karena setetes darah sangat berharga untuk menyelamatkan orang lain, sedangkan dari aspek medis, dengan sering berdonor darah kotor akan keluar dan dapat merangsang pertumbuhan eritrosit atau sel-sel darah baru,” tutur dia.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut termasuk rangkaian kegiatan dalam memperingati Hut Bhayangkara ke-72 tahun, dimana sebelumnya sudah dilaksanakan pembagian sembakau dan Ta‘jil yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Sedangkan, menurut dia, rangkaian kegiatan lain yang nantinya akan dilaksanakan adalah anjangsana, go-wes, dan beberapa kegiatan lainnya.

Sementara itu, Ketua UTD PMI Provinsi Papua Barat, La Abidin mengaku, dalam aksi donor darah tersebut sebanyak 106 kantong darah berhasil dikumpulkan.

Menurut dia, dalam sebulan PMI membutuhkan sebanyak 200 kantong darah untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Untuk itu, dirinya mengimbau, kepada masyarakat Papua Barat khususnya Manokwari, instansi pemerintah dan organisasi masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam melaksanakan aksi donor darah.[BOM-R3]