Pasific Pos.com
Papua Selatan

Pola Hidup Tidak Sehat Penyebab Gizi Buruk

MERAUKE,ARAFURA,- Wakil Bupati Merauke, Sularso,SE mengatakan penyebab terjadinya gizi buruk terhadap anak, salah satunya adalah karena pola hidup atau perilaku orang tua yang kurang baik sehingga berdampak terhadap anak. Misalnya, merokok saat sang ibu sedang menggendong anak. Hal ini yang menjadi penyebab anak-anak cepat terserang penyakit. Pasalnya, anak-anak sangat rentan terkenal penyakit maupun virus yang berada di sekitaran lingkungannya.

“Ketika terindikasi gizi buruk, kita melakukan penanganan intensif hingga kembali normal, tetapi setelah beberapa bulan kembali terjadi lagi. Ini kembali lagi ke pola hidup masyarakat,” terangnya kepada wartawan di GOR Head Sai, Senin (29/1/18).

Dikatakan, Dinas Kesehatan juga telah memprogramkan untuk memberikan makanan tambahan bagi anak-anak yang berusia enam bulan ke atas di Puskesmas maupun Posyandu yang berada di tempat tinggal masing-masing. Puskesmas dan Posyandu juga perlu melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap para orang tua agar hidup bersih, sehat dan menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit.

“Pembinaan di lingkungan keluarga saat ditentukan. Dari hasil pengamatan kami delapan anak yang terkena gizi buruk saja tetapi terindikasi penyakit lainnya. Bayi kalau terkena penyakit lain, otomatis selera makan mereka juga akan menurun,” tuturnya.

Ia juga sudah memerintahkan Dinas Kesehatan untuk terus melakukan pengawasan di lapangan dan tindakan prefentif. “Semuanya kembali kepada masyarakat untuk sadar menndaftarkan diri di puskesmas terutama ibu hamil agar pmendapat pelayanan dasar,”tukasnya.