Pasific Pos.com
Papua Barat

PLN Sediakan Layanan Listrik Gratis di Tempat Umum

Manokwari, TP – PT PLN Persero Area Manokwari menghadirkan terobosan baru untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan listrik di jalan dengan menyediakan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di Manokwari.

Manager PT PLN Persero Area Manokwari, Sulisiyo mengatakan, fungsi SPLU untuk menyediakan listrik bagi masyarakat yang sewaktu-waktu membutuhkan listrik saat berada di perjalanan.

Dirinya menjelaskan, dengan adanya SPLU ini masyarakat bisa mendapatkan layanan listrik di jalan dengan mudah, seperti charger Headphone dan Laptop, tanpa harus pulang ke rumah serta pedagang kaki lima.

“SPLU ini kami peruntukan untuk masyarakat umum yang bukan pelanggan PLN secara permanen, dimana sewaktu-waktu dapat menggunakan listrik,” katanya dalam acara peresmian SPLU di Jln Trikora Wosi, Jumat (12/1/18) sore.

Untuk menggunakan fasilitas SPLU, dijelaskannya caranya sangat mudah hanya dengan membeli token dengan harga yang dibutuhkan dengan memasukan nomor kode yang tersedia di masing-masing SPLU.

“Di Manokwari SPLU sudah ada 2 unit, yang pertama di depan toko Sinar Harmoni, dan disini. Harga token terjangkau dari Rp.5000, serta SPLU ini sangat mudah penggunaanya hanya dengan isi token di ATM terdekat,” jelas Sulisiyo.

Ia menambahkan, setiap SPLU terdapat 8 tempat transmisi listrik yang bisa digunakan. “Kami berharap, ini dapat membantu masyarakat Manokwari yang mobile dan tidak bisa lepas dari HP maupun Gadget,” pesannya.

General Manager PT PLN Persero Area Papua dan Papua Barat, Yohanes Sukrislismono menambahkan, SPLU juga sudah disediakan dibeberapa wilayah. “Untuk jumlahnya, nanti kita lihat perkembangannya, percuma kita bangun banyak tapi tidak digunakan,” ungkapnya seraya berharap masyarakat di Manokwari dapat menjaga fasilitas tersebut.

Bupati Manokwari, Demas P. Mandacan, menyambut baik fasilitas umum penyedia listrik di jalan seperti SPLU. Menurutnya, dengan aktivitas masyarakat Manokwari yang begitu mobile dengan HP dan Gadget, penyediaan SPLU merupakan sarana yang tepat.

 
Untuk itu, Bupati menghimbau agar seluruh warga Manokwari dapat menjaga SPLU yang sudah didirikan PLN agar manfaatnya dapat dirasakan bersama. [SDR-R3]