Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Lintas Daerah

PLN Resmi Kelola Listrik 5 Distrik di Kabupaten Asmat

Penandatanganan PKS antara PLN UIWP2B dan Pemkab Asmat. (Foto : Istimewa)

Jayapura – PLN terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk mempercepat penyelesaian program Papua Terang. Bersama Pemerintah Kabupaten Asmat PLN melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pengoperasian dan pengelolaan sistem ketenagalistrikan di lima distrik di Kabupaten Asmat.
Kelima distrik tersebut adalah Agats, Atsj, Fayit, Pantai Kasuari dan Suator.

Penandatanganan PKS ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah dilaksanakan oleh kedua pihak. Sebelumnya, PLN hanya mengelola kelistrikan di 2 Distrik di Kabupaten Asmat, yakni Distrik Agats dan Distrik Atsj.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asmat atas bantuan dan gerak cepatnya sehingga penandatangan PKS ini dapat segera dilaksanakan,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Abdul Farid, Kamis (26/11/2020).

Saat ini total pelanggan PLN di dua distrik tersebut mencapai 4.619 pelanggan. Dengan dilakukannya penandatanganan PKS, cakupan pengelolaan kelistrikan oleh PLN bertambah lagi, yaitu Distrik Fayit, Distrik Pantai Kasuari dan Distrik Suator dengan total potensi 341 calon pelanggan saat ini.

“Kami beserta Pemerintah Kabupaten Asmat juga telah melakukan sosialisasi terkait serah terima operasi kelistrikan ini kepada masyarakat yang ada di Distrik Fayit, Distrik Pantai Kasuari dan Distrik Suator yang nantinya akan menjadi pelanggan PLN,” tambah Farid.

Beban puncak di lima distrik tersebut mencapai 1.796 kW di mana Pemda mempunyai sejumlah pembangkit dengan daya mampu sebesar 1.340 kW. Sementara PLN sendiri memiliki 2 pembangkit yang berada di Agats dan Atsj dengan daya mampu 2.400 kW dan 40 kW.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Asmat dan masyarakat, kami ucapkan terima kasih kepada PLN atas koordinasi dan kerja samanya, sehingga serah terima operasi kelistrikan di Kabupaten Asmat dapat berjalan lancar,” ujar Pjs Bupati Asmat, Triwarno Purnomo.

Triwarno juga menambahkan, untuk biaya pasang baru calon pelanggan di Distrik Fayit, Distrik Pantai Kasuari dan Distrik Suator akan disiapkan oleh Pemda. Setelah itu, PLN akan segera bergerak untuk melakukan proses pemasangan pelanggan baru secara bertahap.

“Kami upayakan sebelum Natal, seluruh calon pelanggan yang terdaftar di tiga distrik tersebut (Fayit, Pantai Kasuari dan Suator) dapat dinyalakan,” tutup Farid. (Zulkifli)