Pasific Pos.com
Papua Barat

PLN Bintuni Dilema Kelola Listrik

*Mesin MTU Unit 10 PLTD Kebakaran, Sementara Pembangkit BP Tangguh Gangguan

Bintuni, TP – Pihak PLN Bintuni mengaku dilema mengelola listrik Bintuni karena pemadaman listrik yang terjadi di kota Bintuni terus berlanjut.

Sebelumnya, telah terjadi kebakaran pada mesin MTU unit 10 dengan daya mampu 500 KW. Kemudian, pada 27 Februari 2018, terdapat mesin pembangkit BP di site LNG Tangguh Tanah Merah yang mengalami gangguan.

Akibat kebakaran pada mesin MTU tersebut, menyebabkan penambahan pemadaman di Bintuni. “Kami infokan bahwa jam 13.45 wit terjadi kebakaran pada Mesin MTU unit 10 dengan daya Mampu 500 KW. Hal ini mengakibatkan penambahan pemadaman di Bintuni semakin besar,” ungkap Manajer PLN Rayon Bintuni Sapri Senin (5/3).

Sapri juga mengatakan pihaknya akan menjadwalkan kembali pemadaman siang dan malam hari menyesuaikan dengan daya mampu PLTD Kampung Lama Bintuni. “Terkait penyebab kebakaran pada mesin MTU unit 10 itu investigasi akan dilakukan petugas PLN Area Manokwari. Sementara itu, gangguan pada jaringan kabel SKTM dari Tanah Merah distrik Sumuri sudah tidak bermasalah sejak tanggal 27 Februari 2018.

Namun pihak BP Tangguh belum memberikan listrik karena masih ada mesin pembangkit mereka yang mengalami gangguan. Tidak ada gangguan SKTM pada jaringan kita. Saat ini tidak bermasalah namun kita tidak di suplay oleh BP Tangguh dengan alasan ada mesin pembangkit mereka yang gangguan,” sebut Sapri.[ABI-R3]