Pasific Pos.com
Papua Barat

PKPI, Partai Nasdem dan PKB Daftarkan Bacalegnya Ke KPU Kabupaten Manokwari

Manokwari TP, – hari ini 3 partai daftarkan bakal calon legislatifnya (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) daftarkan bacalegnya pada pukul 14.30 siang tadi yang kemudian disusul oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem) pada Pukul 15.00 dan juga Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada pukul 15. 20 siang tadi.

Seperti parpol lainnya yang diberitakan sebelmunya,bahwa terlebih dahulu semua parpol melakukan verifikasi atau pemeriksaan kelengkapan berkas yang dilakukan oleh pihak verifikator. Hal ini dilakukan agar dapat diketahui kekurangan terkait kelengkapan berkas yang ada. karena hampir semua parpol mengalami kendala terkait silstem informasi pencalonan (silon).

Berdasarkan hasil verifikasi partai PKPI masih mengalami kendala terkait kelengkapan berkas bacalegnya. Menurut Kepala Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Manokwari, Abdul Muin Salewe, SH mengatakan bahwa secara administratif berkas atau formulir yang diajukan partai PKPI kepada pihak KPU melalui verifikator sudah lengkap, namun syarat dari bakal calegnya atau hak copynya masih kurang dan harus dilengkapi hingga esok pukul 08.00 pagi.

Menurut salah satu kader caleg dari PKPI sekaligus anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Manokwari, Trisep Kambuaya mengatakan bahwa dirinya bakal berjuang di daerah pemilihan (DAPIL) 1 yang meliputi kelurahan amban, kelurahan manokwari barat, kelurahan padarni dan kelurahan manokwari timur. Ia menambahkan bahwa melihat peluang di dapil 1 semua caleg yang ada mempunyai peluang dan kesulitan yang sama. Ia menegaskan bahwa dapil 1 akan lebih ketat dan tidak semudah pemilu yang lalu. menurutnya nsaat ini semua parpol memiliki kader yang berkompoten sehingg peluang kursi didapil 1 akan sangat ketat, Ungkapnya”.

Ia menegaskan sebagai orang lama didunia politik, dirinya tidak akan menyepelekan semua caleg yang ada termasuk kader muda yang terjun kedunia politik karena semua memiliki potensi yang cukup bagus. Begitupun dengan partisipasi perempuan yang menurutnya bakal memberikan tantangan tersendiri di pemilu tahun ini. terkait dengan kelengkapan berkas ia membenarkan adanya kekurangan dan kendala yang dialami oleh  beberapa bacaleg di PKPI, namun menurutnya itu akan diurus oleh pihak yang terkait dan masih ada kesempatan untuk memperbaiki hingga batas waktu yang di tentukan. “kalau masalah itu sudah ada yang urus, dan masih ada kesempatan sampai besok untuk melengkapi nya,  Terangnya”.

Sementara partai Nasdem dan PKB berdasarkan hasil verifikasi oleh pihak verifikator terkait berkas dan formulir yang diajukan tidak ada kendala. Secara administratif semua berkas lengkap. Menurut Operator Partai Nasdem, Monica Dimara mengatakan hanya terjendala di penggunaan silon, karena menggunakan jaringan sedangkan untuk kelengkapan berkas tidak ada masalah, Ungkpnya”.

Terkait dengan partisipasi perempuan ia menegaskan parpolnya sudah memenuhi syarat kuota perempuan 30 persen dan tidak ada masalah sama sekali begitupun dengan partisipasi kader muda yang terjun kedunia politik. Menrutnya kader caleg partai nasdem sebelumnya melalui seleksi dan domisili sehingga sudah diketahui sejauh mana kemampuannya. “ mereka sudah kami seleksi, kami sudah tau kompetensinya dan peluang pemenangan di 4 dapil semua akan kami perjuangkan dan kami semua punya  peluang disitu, Jelasnya”.

Sementara, menurut ketua Partai PKB kabupaten Manokwari mengatakan hal yang sama oleh partai nasdem. Ia mengaku bahwa terkait kelengkapan berkas para bacalegnya hampir 99 persen beres, 1 persennya hanya masalah foto saja, Ungkapnya”.

Ia menjelaskan bahwa semua dapil yang ada merupakan prioritas dan akan diperjuangkan. Pihaknya optimis untuk memenangkan kursi yang tersedia di empat dapil yang ada. terkait dengan syarat kuota perempuan sebesar 30 persen sudah terpenuhi dan mereka sangat antusias, begitupun dengan kader politik muda yang baru terjun ke dunia politik, Terangnya”. (CR-45)