Pasific Pos.com
Papua Selatan

PKM Rimba Jaya Dan BPJS Kesehatan Sosialisasi Aplikasi Mobile JKN

MERAUKE,ARAFURA,- Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) antara lain Puskesmas dan Dokter Keluarga yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Merauke merupakan peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta. Selain itu FKTP juga menjalankan program promotif dan preventif demi memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada peserta. Demi meningkatakan kualitas layanan di FKTP dengan berbasis pada penerapan pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBKP) di tahun 2019, BPJS Kesehatan Cabang Merauke melakukan rapat koordinasi baik dengan DPP, FKTP, Dinas Kesehatan, dan Tim Penilai KBK untuk mengevaluasi kembali Kapitasi Berbasis Komitmen periode Juli tahun 2019, Senin (26/08).

Habel Leplepem Tanate adalah salah satu peserta JKN-KIS yang juga menikmati layanan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat. Saat ditemui tim Jamkesnews di aula Kantor BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Habel yang juga merupakan Kepala Puskesmas Rimba Jaya ini juga mengungkapkan bahwa dirinya telah mengunduh aplikasi Mobile JKN di handphone miliknya guna untuk mempermudah dirinya untuk mendapat layanan baik di FKTP maupun di rumah sakit.

“Sebagai salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, kami berkomitmen penuh dalam melayani masyarakat secara berkesinambungan. Kami melakukan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan kepada seluruh masyarakat, ke sekolah-sekolah maupun ke Posyandu agar semua dapat berperilaku pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

“Tak lupa juga kami sampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya mengunduh aplikasi Mobile JKN, karena sebenarnya yang paling penting dalam aplikasi ini adalah Kartu KIS Digital yang sudah terbentuk dalam aplikasi Mobile JKN yang diunduh dari playstore. Kartu KIS Digital ini untuk mengantisipasi kalau kita lupa membawa kartu pada saat berobat. Hal ini pun akan saya informasikan kepada teman-teman maupun keluarga saya dan masyarakat untuk segera mengunduh aplikasi Mobile JKN dan menjelaskan tentang cara pendaftarannya, sedangkan fitur-fitur yang ada didalam aplikasi ini sangat mudah sehingga orang yang mengunduh aplikasi tersebut dapat menjalankan sesuai fitur-fitur yang mengakomodir kebutuhannya dalam aplikasi Mobile JKN sehingga teman-teman saya tidak perlu untuk mengantri berlama-lama di kantor BPJS Kesehatan,” ungkapnya.