Pasific Pos.com
Papua Selatan

Pilgub, Situasi Merauke Kondusif

MERAUKE,ARAFURA,- Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung,SH mengatakan situasi Kabupaten Merauek secara umum kondusif dalam pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Tahun 2018, Rabu (27/6).

“Kami sudah melakukan pemantauan terhadap tempat pemungutan suara di wilayah Merauke, sampai saat ini situasi dan kondisi keamanan di wilayah Merauke dan jajaran sangat kondusif,”ungkap Kapolres kepada wartawan di salah satu Cafe di Merauke.

Kapolres menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, baik TNI maupun seluruh masyarakat yang telah bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas sehingga tetap kondusif. “Kemarin saat minggu tenang sampai hari ini, kita berharap situasi tetap kondusif,”tukas Kapolres.

Untuk menjaga agar situasi tetap kondusif, kata Kapolres, pihaknya juga telah menghimbau agar masyarakat jangan mengkonsumsi minuman keras apalagi penyalahgunaan Narkoba. Dengan begitu, maka proses pelaksanaan pesta demokrasi khususnya di wilayah Kabupaten Merauke bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Sementara itu, terkait hasil pemantauan Kapolres mengakui bahwa tingkat partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya presentasenya bervariasi di masing-masing TPS. Ada yang tingkat partisipasinya 30 persen dari jumlah DPT dan ada juga yang delapan puluh persen.

“Sebetulnya kita tidak mengharapkan masyarakat Golput, karena masyarakat sendiri yang akan rugi. Sebetulnya, kita sudah jauh-jauh hari menyampaikan, sudah menghimbau masyarakat agar menggunakan hak pilihnya sesuai hati nuraninya,”tukas Kapolres.