Pasific Pos.com
Papua Barat

Pileg 2019, DPRD Manokwari Jadi 25 Kursi

Manokwari, TP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar uji publik tentang pembagian daerah pemilihan (dapil) dan alokasi perhitungan kursi dewan pada pemilihan legislatif (pileg) 2019.

Uji publik itu dilaksanakan KPU Manokwari di Gedung DPRD Kabupaten Manokwari, Rabu (7/2) dengan melibatkan DPRD Manokwari, pemerintah kabupaten (pemkab) Manokwari maupun pengurus partai politik (parpol) tingkat kabupaten yang telah menjalani proses verifikasi oleh KPU.

Wakil ketua 2 DPRD Manokwari, Frengky Awom mengtakan uji publik ini penting jelang pelaksanaan Pileg 2019 mendatang. Ia berharap, melalui uji publik tersebut parpol dan caleg dapat mengetahui dan memahami proses dan tahapan yang akan dilaksanakan oleh KPU.

“Ini juga untuk mengetahui aturan yang akan dilaksanakan, sehingga dalam proses dari pencalonan hingga penetapan tidak ada kendala. Dengan begitu maka Pileg dapat terlaksana dengan baik, serta menghasilkan wakil rakyat yang baik,” ujar Awom.

Sementara itu, Ketua KPU Manokwari Alberth Karel Burwos menjelaskan, uji publik bertujuan memberikan pemahaman terkait perkembangn pemilu di Manokwari.

Dikatakannya, terjadi perubahan Dapil sesuai dengan kondisi wilayah. Kondisi itu, berdampak pada dapil saat pileg.

“Dari aspek fungsi, dapil yang disusun merupakan proses yang harus di cermati DPRD karena hubungannya dengan anggota dewan yang kembali bertarung,” ujar Burwos.

Ia menerangkan, berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), setelah adanya DOB Kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak, tidak ada perubahan jumlah penduduk yang signifikan. Hanya saja, ada dapil yang dipecah karena jumlah penduduknya yang banyak.

“Distrik Manokwari dipecah menjadi 2 dapil karena perhitungannya jumlah penduduknya sudah banyak dan dibagi dengan bilangan pembagi penduduk, hasilnya bisa jadi 14 kursi. Padahal sesuai aturan per dapil 3-12 kursi oleh karena itu dipecah dapilnya,” terangnya.

Burwos menambahkan, berdasarkan data yang di ambil KPU dari Kemendagri, jumlah penduduk Manokwari 185.615 jiwa, sehingga pileg 2019 nanti di Manokwari memiliki 25 kursi dari 4 dapil. (SDR)