Pasific Pos.com
Papua Barat

Petugas dan Warga Binaan di Lapas Manokwari akan Menjalani Tes Urine

Manokwari, TP – Dalam waktu dekat, seluruh petugas dan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Manokwari akan menjalani pemeriksaan urine.

“Dengan pemeriksaan urine, kita pastikan Lapas Kelas II B Manokwari bebas narkoba,” kata Kalapas Kelas II B Manokwari, Yosef Yembise kepada Tabura Pos di ruang kerjanya, Rabu (28/2).

Menurutnya, kegiatan ini, pihaknya akan melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Papua Barat beserta dokter assessment. Dikatakannya, tes urine ini dilakukan karena ada upaya penyelundupan narkotika oleh para pengunjung di akhir 2017 dan terdapat 10 narapidana yang terindikasi positif menggunakan Ganja.

“Jadi, kegiatan ini sekaligus untuk membersihkan Lapas dari narkoba,” ujar Kalapas.

Ditanya apakah langkah yang diambil terhadap mereka yang positif menggunakan narkotika, Yembise mengatakan, jika itu warga binaan, akan diserahkan ke BNN untuk menjalani proses lebih lanjut.

Namun, ia menegaskan, jika yang terbukti petugas Lapas, maka akan dikoordinasikan dengan pimpinan, dalam hal ini Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua Barat. [BOM-R1]