Pasific Pos.com
Olahraga

PESTI Papua Targetkan Satu Emas di PON XX

 

Jayapura : Setelah dilantik, Ketua Persatuan Soft Tenis Indonesia (PESTI) Papua, Sarminanto menargetkan atletnya dapat meraih satu medali emas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan dilaksanakan di Provinsi Papua pada tahun 2020 mendatang.

Sebelumnya, Ketua PESTI Pusat, Ir. Martuama Saragih melantik Sarminanto sebagai Ketua PESTI Papua di lapangan Tennis Out Door Polda Papua, pada Sabtu (7/7/18), dengan dihadiri Ketua Pembina PESTI Papua, TEA Hery Dosinaen.

“Kita tidak pasang target yang muluk-muluk karena olahraga ini juga bisa dibilang baru. Jadi kami hanya targetkan 1 emas di di PON XX nanti” kata Sarminanto kepada Wartawan usai pelantikan.

Namun lanjut Sarminanto, sebelum sampai ke target tersebut, pihaknya bakal melakukan pembinaan pada cabang-cabang di tingkat daerah yaitu, Merauke, Biak, Keerom, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Untuk itu kata Sarminanto, dengan adanya dukungan dari lima cabang tersebut mudah-mudahan akan muncul atlet-atlet baru yang bakal memperkuat Pesti Papua di ajang PON 2020 mendatang.

“Jadi kalau untuk atlet kita sudah melakukan pendekatan pada sejumlah atlet nasional dan didukung oleh atlet-atlet PESTI yang ada di Papua” ungkapnya.

Ketua Umum Pusat PESTI, Ir. Martuama Saragih ditempat yang sama mengatakan, yang menjadi prioritas utama adala pembinaan kepada atlet Papua dalam rangka menghadapi PON XX.

“itu yang menjadi prioritas menurut saya. Sehingga selaku tuan rumah, Papua dapat mengembangkan olahraga ini. Ya tentunya dengan mendapatkan 1 atau dua medali emas” tandas Saragih.

Menurutnya, hal itu juga bertujuan untuk mempopuler olahraga soft Tenis kepasa seluruh lapisan masyarakat Papua pada khususnya, dengan kepedulian daei pemerintah daerah, KONI dan seluruh jajaran PESTI.

“Dari kuota yang diberikan kepada lima daerah tersebut bakal dilakukan pra PON. Itu kita rencanakan tahun depan sekaligus dengan kejurnas soft tenis ini nantinya” jelas Saragih.

Sementara itu, Pembina Pesti Papua yang juga Sekda Provinsi Papua, TEA Herry Dosinaen menambahkan, pihaknya telah melakukan pengenalan dan memberikan motivasi kepada seluruh atlet Pesti Papua.

“Kami PESTI Papua siap untuk maju di PON 2020. Banyak atlet kami dari PESTI yang siap bergeser untuk memperkuat PESTI nantinya,” ujar Hery Dosinaen. (TIARA)