Pasific Pos.com
Headline

Pesawat Trigana Ditembak OTK di Bandara Keneyam Nduga

Jayapura, Pesawat Twin Oter milik PT Trigana Air Service ditembak oleh Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) di bandara Keneyam kabupaten Nduga, Senin (25/6).

Pesawat ini berangkat dari bandara Wamena menuju Keneyam dicarter oleh Kepolisian daerah (Polda) Papua untuk mengangkut anggota Brimob. Anggota Brimob ini akan bertugas melakukan pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan Rabu (27/6) mendatang.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. A.M. Kamal yang dihubungi melalui telephon sellulernya membenarkan kejadian ini.

“Betul ada penembakan terhadap pesawat Trigana yang kami carter untul mengangkut anggota Brimob yang akan bertugas pengamanan pilkada di Nduga,” ujar Kamal.

Lebih lanjut dikatakannya, sekitar pukul 09.45 WIT pada saat pesawat mendarat (taxi ke apron dan turning) tiba-tiba ada tembakan oleh kelompok KKSB ke arah pesawat Trigana Twin Otter dan serpihan mengenai badan capt. Ahmad Kamil di bagian punggung sebelah kiri. “Sesaat setelah terkena tembakan, kapten pilot atas nama Ahmad Kamil langsung dibawa ke Puskesmas di Keneyam dikawal oleh aparat keamanan,” ujar Kabid humas.

Dikatakan lebih lanjut, pesawat ini mengangkat 15 orang personil pilot dan 3 orang crew pesawat.

Pesawat naas ini diawaki okeh Kapten pilot Ahmad Abdillah Kamil, Co pilot Lenius Wonda dan satu orang tekhnisi atas nama Wisnu.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui kerugian lain akibat penembakan ini. Dan hingga saat ini kontak tembak masih berlangsung.