Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Perum Bulog Sediakan Satu Ton Bahan Pangan

 

JAYAPURA– Pasar murah non tunai yang diselenggarakan Bank Indonesia Provinsi Papua selama tiga hari di kawasan Taman Imbi, Kota Jayapura, Papua menyediakan berbagai bahan pangan termasuk beras oleh Perum Bulog dengan harga terjangkau.

Kepala Perum Bulog Divre Papua dan Papua Barat, Fauzi Muhammad mengatakan, pihaknya menyiapkan satu ton beras jenis medium dan premium untuk tiga hari pelaksanaan pasar murah.

Tak hanya beras, pihaknya juga menyediakan gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu. Fauzi mengaku komoditi lainnya yang dibutuhkan masyarakat terlebih menjelang lebaran akan disiapkan jika itu dimungkinkan.

“Saya bersama Wali Kota Jayapura melakukan peninjauan di stand yang ada di pasar murah non tunai untuk memantau harga komoditi seperti bawang merah dan bawang putih juga cabai ternyata harganya sudah turun, makanya kami belum datangkan komoditi itu karena dianggap masih dapat dijangkau, “ucap Fauzi, Rabu (6/6/2018).

Dia menambahkan, pihaknya akan melakukan intervensi pasar menjelang lebaran hingga H-7, tapi apabila ada instruksi dari Kementerian Perdagangan untuk intervensi pasar, maka dilakukan hingga H-3.

Sementara itu, selain komoditi beras, gula pasir, tepung terigu dan minyak goreng yang disediakan di pasar murah non tunai, komoditi telur juga tersedia di pasar itu.
General Manager PT Harvest Pulus Papua, produsen telur Mahkota, Ronald Stenley mengungkapkan, pihaknya menyediakan 30 ribu butir telur lokal di pasar murah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang lebaran.

Adapun harga telur di pasar murah hanya Rp60 ribu per rak isi 30 butir dari harga normal Rp64 ribu. “Stok itu khusus untuk pasar murah, apabila habis tidak sampai tiga hari, kami tak melakukan penambahan stok sebab untuk memenuhi permintaan konsumen lainnya di luar dari pasar murah, “ucap Ronald.