Pasific Pos.com
Papua Tengah

Pertama Pemeran Produk UKM Koperasi, Poiner Bangkitnya Dunia Koperasi

NABIRE – Pertama kali pemeran produk koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), BUMD dan swasta di Kabupaten Nabire digelar tahun 2018 ini. Dari kegiatan yang direncanakan akan berlangsung selama empat (4) hari ini diharapkan sebagai pioner bangkitnya dunia koperasi, UKM, BUMN, BUMD dan pihak swasta yang ada di daerah ini.

Hal ini seperti terang Ketua Panitia Pemeran Produk Koperasi, UKM, BUMN/BUMD dan swasta Nabire, Hajar Azwad, A.Md, dalam laporan pembukaan kegiatan pameran yang dilaksanakan di GOR Kotalama Nabire, Rabu sore kemarin.

Dikatakan, syukur alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Sang Maha Pencipta yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya sehingga kita dapat bersilaturahmi sambil merakit persaudaraan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika antar sesama penggerak koperasi, UKM, BUMN, BUMD dan swasta se Kabupaten Nabire dalam suatu gelaran pameran produk yang dilaksanakan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Nabire.

Patut kiranya, lanjut Hajar Azwad, kita memberikan apresiasi dan berbangga hari sebab untuk pertama kalinya, pameran produk digelar di Kabupaten Nabire sebagai pioneer bangkitnya dunia koperasi UKM, BUMN/BUMD dan pihak swasta yang ada di kabupaten ini. “Hal ini pun dapat terlaksana atas adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah kabupaten Nabire dan kerjasama yang baik dari penggerak koperasi, UKM, BUMN/BUMD dan pihak swasta yang ada di kabupaten ini,” ucapnya.

Dasar pelaksanaan kegiatan terangnya, pertama undang-undang Nomor 12 Tahun 1992 tentang perkoperasian, program kerja dewan koperasi Indonesia tahun 2015 – 2020, surat keputusan Ketua Dekopinda Kabupaten Nabire Nomor : SKEP/01/Dekopinda – Nabire/I/2018 dan surat ijin keramaian dari Kapolres Nabire Cq Kasat Intelkam Polres Nabire nomor : SIK/19/II/2018/Intelkam, 19 Februari 2018.

“Pameran produk koperasi UKM, BUMN, BUMD dan swasta Kabupaten Nabire tahun 2018 merupakan momentum penting bagi seluruh lapisan masyarakt untuk meningkatkan kesadaran akan arti penting koperasi sebagai wadah kebersamaan dan berbagi antar sesama serta mengangkat potensi UKM, BUMN, BUMD dan swasta yang ada dalam upaya mensosialisasikan nilai jatidiri dan strategi gerakan koperasi,” tegasnya.

Sementara itu, maksud dan tujuan dalam kegiatan pameran itu jelas Hajar Aswad, sebagai ajang promosi, wujud pembinaan koperasi dan UKM dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan, meningkatkan pendapatan anggota koperasi dan UKM, mengangkat produk lokal Nabire ke kanca nasional dan sebagai daya tarik investor dari luar Kabupaten Nabire.

Demikian ini, sesuai tema dan harapan yang akan dicapai dalam pameran produk koperasi UKM, BUMN, BUMD dan swasta Kabupaten Nabire tahun 2018 yang merupakan salah satu wujud pemberdayaan koperasi dan UKM, eksistensi BUMN/BUMD dan wiraswasta dalam mewujudkan kemakmuran rakyat menuju tatanan yang lebih baik membara kasih ke diri masyarakat. (wan)