Pasific Pos.com
Papua Tengah

Persiapan Jelang MTQ Terus Dilakukan

NABIRE – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVII Provinsi Papua yang akan dilaksanakan di Kabupaten Nabire, sudah semakin dekat. MTQ yang akan diikuti kabupaten/kota di Provinsi Papua ini akan mulai digelar pada tanggal 2 Mei 2018 menatang.

Dengan semakin dekatnya pelaksanaan MTQ, pihak panitia penyelenggara terus melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah mempersiapkan tempat pembukaan yang rencananya akan digelar di Masjid Al Falah Nabire.

Pantuan media ini di lapangan, di halaman Masjid AL Falah Nabire terlihat mulai didirikan panggung. Tak hanya itu, tempat parkir di sekitar Masjid Al Falah juga terlihat sudah diratakan. Dan pembangunan gedung Islamic Centre yang terletak di depan Masjid Al Falah juga terlihat tengah dikebut pembangunannya.

Informasi yang dihimpun dari pihak panitia, menyebutkan, belum dipastikan berapa jumlah kabupaten/kota di Provinsi Papua yang akan ikut serta pada MTQ di Nabire nanti. Namun pihak panitia sudah pro aktif berkoordinasi dengan kabupaten/kota di Provinsi Papua terkait dengan pelaksanaan MTQ tersebut.

“Kami sudah dari jauh-jauh hari sudah melakukan komunikasi dengan kabupaten/kota terkait pelaksanaan MTQ di Nabire ini. Nanti jika sudah ada kepastian kabupaten/kota yang jadi peserta MTQ, akan kami informasikan lebih lanjut,” ujar Wahyu Budi Santoso, sekretaris panitia kepada media ini, beberapa waktu lalu di sekretariat panitia.

Ditanya soal kategori yang akan diperlombakan dalam MTQ, jawab dia, ada tujuh kategori. Masing-masing, tartil anak (putra/putri), tilawah anak, remaja dan dewasa (putra/putri), hifzhil (1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz putra/putri), fahmil qur’an (putra/putri), syarhil qur’an (putra/putri), khat qur’an (putra/putri), MMQ (Musabaqah Makalah Qur’an).

Waktu pelaksanaan, kata dia, kegiatan lomba MTQ akan digelar mulai tanggal 2 hingga 7 Mei 2018 mendatang. Dengan rincian, tanggal 1 Mei 2018 akan digelar malam ta’aruf, tanggal 2 Mei 2018 pawai ta’aruf, tanggal 2 Mei 2018 pembukaan MTQ, tanggal 3 hingga 6 Mei 2018 kegiatan lomba, tanggal 7 Mei 2018 penutupan MTQ, dan tanggal 8 Mei 2018 kepulangan kafilah peserta MTQ. (ros)