Pasific Pos.com
Papua Barat

Perpanjangan Run Way, Pihak Bandara Masih Menunggu

Manokwari, TP – Kepala Bandara Rendani Manokwari, Wahyu Anwar mengungkapkan, perpanjangan landasan pacu Run Way bandar udara Rendani Manokwari tetap akan dilakukan. Hanya saja, pihak bandara masih menunggu penyelesaian hak ulayat.

Kepada Tabura Pos, Kamis (8/3), Wahyu mengatakan, soal penyiapan lahan yang akan diperpanjang menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. Saat ini, pemda juga masih berupaya untuk menyelesaikan pembayaran ganti keuntungan terhadap masyarakat.

Setelah lahan selesai, Wahyu mengatakan pembangunan dilakukan oleh pemerintah pusat dengan menggunakan dana yang bersumber dari APBN. “Rencana bulan ini atau bulan depan akan dilakukan pembayaran, tetapi tim masih melakukan penghitungan ganti keuntungan,” jelasnya.

Saat ini, landasan pacu bandara Rendani Manokwari sepanjang 2.000 meter dengan lebar 45 meter. Rencananya, landasan diperpanjang sekitar 300 meter.

“Kita sudah coba usulkan, namun karena belum ada tanda-tanda bebas maka belum. Baru diusulkan. Jika belum ada tanda-tanda maka belum karena baru usulan,” jelas Wahyu.[RYA-R3]