Pasific Pos.com
Papua Selatan

Perluas Jaringan Demi Peningkatan Layanan

MERAUKE,ARAFURA,-Branch Manager BFI Finance Indonesia Cabang Merauke, Frans Kappuw mengemukakan bahwa pihaknya terus berupaya untuk memperluas jaringan bisnis demi tercapainya kualitas pelayanan yang lebih maksimal. Selain itu pihaknya juga senantiasa pro aktif ‘menjemput bola’ dengan mengunjungi langsung para calon nasabah guna bersosialisasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan positif seperti kegiatan sosial atau olahraga bersama. Saat ini di Distrik Tanah Miring sudah dibuka satu kantor unit sehingga nasabah yang berminat tidak perlu jauh-jauh lagi ke kantor cabang di kota.

Untuk gerai atau kantor unit di Tanah Miring mulai operasional sejak 21 Desember 2016 lalu dan sejak kantor unit tersebut dibuka animo masyarakat cukup besar bahkan semakin mudah ketika hendak melakukan pengurusan dan lain sebagainya. “Jadi kita berupaya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat guna memberikan kemudahan dan kenyamanan tanpa harus repot atau jauh-jauh ke kantor cabang,”terang Frans kepada ARAFURA News di ruang kerjanya Jumat lalu. Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan semakin luasnya cakupan layanan maka perlu ditunjang dengan SDM yang memadai dan untuk hal yang satu ini pihaknya benar-benar konsen. Sejauh ini jumlah SDM yang dimiliki sudah cukup dengan standarisasi rekrutmen minimal tamatan SMA. Pihaknya juga tengah merencanakan agar pada tahun 2019 mendatang kantor cabang di Merauke dapat menjadi cabang yang besar.

Untuk itu pada akhir tahun ini tengah diagendakan untuk menambah satu unit lagi dan mengenai lokasinya masih terfokus di wilayah kota. Selain itu guna meningkatkan kepercayaan pihaknya sudah mempunyai kiat-kiat khusus kepada nasabah dengan memanfaatkan berbagai momen untuk melakukan promosi, menjadi sponsor dan gathering dengan nasabah maupun agen. Tentunya peranan agen-agen ini sangat penting dalam kesuksesan marketing sehingga pihaknya tetap berupaya memberikan perhatian khusus selain bonus atau vie yang diberikan.

Ia menjelaskan, pihaknya fokus pada pembiayaan baik untuk motor maupun mobil bahkan hingga alat beratpun juga bisa dibiayai. Pertumbuhan BFI sejak tahun 2012 silam hingga tahun ini terbilang pesat dengan nasabah aktif kurang lebih 2.000 nasabah. Target pihaknya tahun depan dapat mencapai angka 3.000 bahkan 4.000 nasabah. Khusus untuk segmentasi sepeda motor lebih kepada nasabah dengan penghasilan menengah ke bawah sedangkan yang mobil untuk menegah ke atas.

Diakui bahwa nasabah di Merauke yang notabene sebagai daerah yang sedang berkembang masih lebih banyak yang mengambil pembiayaan motor namun untuk mobil cakupan nasabah sudah merambah ke Kabupaten Boven Digoel.