Pasific Pos.com
Papua Selatan

Perkenalkan Merauke Lewat Lagu Ciptaan Sendiri

MERAUKE,ARAFURA,-Terdorong oleh rasa cinta yang sangat besar terhadap Kota Merauke, Ifa Kiang, salah seorang penyanyi lokal berbakat asal Merauke secara khusus meluncurkan album bertajuk Album Melodifa dengan lagu andalan berjudul ‘Cinta Di Kota Rusa’. Tentunya untuk bisa menghasilkan sebuah album rekaman dengan 10 lagu murni ciptaan sendiri tidak hanya ditunjang oleh niat dan semangat yang kuat tetapi juga basic dalam tarik suara. Seperti yang diketahui, sejak masih remaja Ifa memang sudah aktif bernyanyi dan kerap mengikuti ajang-ajang kompetisi di bidang tarik suara.

Bahkan dirinya pernah mengikuti lomba Bintang Radio dan Televisi dan sejumlah lomba lainnya baik di tingkat sekolah dan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Ifa juga aktif menyanyi dari panggung ke panggung dalam berbagai acara dan event-event penting. Meskipun memiliki suara yang bagus, Ifa saat itu belum terlalu fokus mengembangkan bakatnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu akhirnya ia mulai mengasah potensi yang ada bahkan sudah mampu menciptakan lagu.

Menurut Ifa, sepanjang potensi itu masih bisa dikembangkan mengapa tidak? Apalagi sebuah karya itu tidak akan pernah mati dan sampai kapanpun bisa dinikmati oleh semua orang. “Apalagi dengan kecanggihan teknologi sekarang kita bisa upload di You Tube dan dinikmati banyak orang. Salah satu karya yang saya luncurkan adalah lagu tentang rasa cinta kepada Merauke dan memang saya sengaja memilih sarana lewat lagu untuk mempublikasikan Merauke karena mudah diterima oleh banyak orang dari segala usia,”terang Ifa kepada ARAFURA News di butiknya kemarin.

Ifa yang sering mengikuti kegiatan di luar daerah mengaku kerap ditanya oleh masyarakat luar tentang Merauke dan ini membuktikan bahwa ketertarikan publik luar terhadap Merauke cukup besar. Namun masih banyak yang menilai daerah ini masih tertinggal dan belum berkembang seperti kota-kota lain. Padahal Merauke adalah daerah yang tengah giat-giatnya membangun dan ini perlu diketahui oleh publik sehingga Ifa bermaksud menyampaikannya lewat lagu ciptaannya. Oleh karena itu sejumlah icon wisata yang ada di Kota Merauke dipilih Ifa sebagai lokasi pembuatan video clipnya.

Beberapa icon yang diambil antara lain Pantai Lampu Satu, Taman Libra dan rumah semut. Lewat judul lagu tersebut diharapkan orang-orang akan semakin tahu tentang Merauke dan mengapa dijuluki sebagai Kota Rusa. Tidak tanggung-tanggung, dalam pembuatan album tersebut Ifa tidak hanya menjadi penyanyi dan pencipta lagu tetapi bertindak pula sebagai produser. Lirik demi lirik yang ia nyanyikan juga sarat dengan dialeg khas Papua sehingga tidak hanya menghibur tetapi juga mudah diingat.

Ifa berharap albumnya yang berisi 10 lagu ini dapat diterima oleh masyarakat khususnya di kawasan timur. Untuk mempromosikan albumnya Ifa aktif menayangkan lewat You Tube dan berencana untuk membuatkan NSP juga. Sejak albumnya diluncurkan ternyata semakin banyak orang yang tahu tentang Merauke bahkan hingga ke Ambon albumnya cukup dikenal publik. Ia menjelaskan bahwa proses pembuatan video clip memakan waktu hingga sebulan lebih, mulai dari syuting hingga proses rekaman di Ambon. ”Bagi saya yang terpenting adalah berkarya dan saya sudah melakukan itu. Khusus untuk lagu ini sebagai bentuk kecintaan dan dedikasi saya terhadap Kota Merauke,”pungkas wanita berhijab ini.