Pasific Pos.com
Papua Barat

Perkara Korupsi Badan Kesbangpol Kerugiannya Mencapai 40 Persen 

Manokwari, TP –  Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Papua Barat telah menyerahkan laporan Perhitungan Kerugian Negara (PKN) terkait perkara korupsi kegiatan sosialisasi perdasi-perdasus dan rekrutmen anggota MRPB di Badan Kesbangpol Provinsi Papua Barat, pada tahun 2016. Kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari.

Korwas Investigasi BPKP Perwakilan Papua Barat, Evenry Sihombing mengatakan, bersamaan dengan penyerahan PKN, ahli keuangan dari BPKP pun sudah di BAP.

“Temuan kerugiannya cukup besar, sekitar 40 persen dari anggaran yang disediakan untuk kegiatan tersebut,” ungkap Sihombing kepada Tabura Pos di Kantor BPKP Perwakilan Papua Barat, Rabu (4/7).

Lanjut dia, modus yang digunakan tersangka dalam perkara ini masih sama dengan perkara korupsi yang lain, yakni penggelembungan harga dan melaksanakan kegiatan fiktiv.

Menurutnya, pihak-pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan dimaksud sudah dimintai klarifikasi terkait dugaan korupsi tersebut, termasuk kepada KPA, PPTK, dan Bendahara, serta bagian penanganan administrative.

“Semuanya saling berkaitan, tetapi temuan kerugiannya lebih mengarah kepada pengguna anggaran,” tandas Sihombing.[BOM]