Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Peringati HUT ke-44, KKSS Kabupaten Jayapura Gelar Jalan Santai

Salah satu tokoh KKSS yang juga Anggota DPR Papua H. Darwis Massie, SE, didampingi Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat, SE, saat melepas peserta jalan santai memperingati HUT KKSS ke-44 dan Hari Korban 40 Ribu Jiwa ke-74 di Sulawesi Selatan, Sabtu (14/11) pagi.
Dan bagi Doorprize dengan Hadiah Utama PP Jayapura-Makasar

 

SENTANI – Badan Pengurus Daerah (BPD) KKSS Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menggelar acara jalan santai yang dibuka langsung oleh salah satu tokoh KKSS di Provinsi Papua yang juga Anggota DPR Papua H. Darwis Massie, SE.

Jalan santai ini mulai start dari Halaman Masjid Agung Al Aqsha Sentani, Kota Sentani dan finish di Lapangan Pasar Lama Sentani, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (14/11) pagi.

Kegiatan jalan santai yang digelar KKSS Kabupaten Jayapura, selain Tokoh KKSS H. Darwis Massie, SE, hadir pula Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HUT KKSS Kabupaten Jayapura, H. Abdul Rajab, BPD KKSS Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat, SE, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo, S.IP, perwakilan TNI/Polri, perwakilan BPD KKSS Kota Jayapura dan BPW KKSS Provinsi Papua, serta perwakilan pilar-pilar maupun badan otonom yang ada di KKSS.

Kegiatan ini selain memperingati HUT KKSS ke- 44 sekaligus untuk menyambut peringatan Hari Korban 40 Ribu Jiwa ke- 74 di Sulawesi Selatan.
Ketika di temui di sela-sela acara kegiatan jalan santai, Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat, SE, mengatakan, kegiatan acara jalan santai ini merupakan rangkaian dari acara memperingati HUT KKSS ke- 44.

“Selain memperingati HUT KKSS, acara jalan santai ini juga digelar untuk menyambut peringatan Hari Korban 40 Ribu Jiwa ke-74 di Sulawesi Selatan. Jadi kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara HUT KKSS ke-44, yang mana sebenarnya dilaksanakan oleh BPW KKSS Provinsi Papua. Namun untuk kegiatan jalan santai nya diserahkan kepada kami di BPD KKSS Kabupaten Jayapura untuk melaksanakannya,” ungkap pria yang akrab disapa Dayat ini, Sabtu (14/11) siang.
Selain memberikan hiburan buat masyarakat, kata Dayat, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antara paguyuban KKSS dengan masyarakat dari paguyuban lain yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Alhamdulillah, hari ini bisa terselenggara dengan baik sesuai dengan ijin yang diberikan oleh Gugus Tugas Covid-19 yang diikuti oleh 350-an orang dalam kegiatan jalan santai ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk kita menjalin kebersamaan serta kekompakan khususnya sesama warga Sulawesi Selatan dan juga umumnya dengan paguyuban-paguyuban yang ada di daerah ini,” imbuh Dayat yang juga Anggota DPRD Kabupaten Jayapura dari PPP.

“Kalau peran KKSS dalam pembangunan di daerah ini, tentunya kita tidak bisa nafikkan lagi ya, karena sudah sangat kelihatan sekali. Sebagian besar dari warga Sulawesi Selatan ini adalah para pedagang, yang mana bisa menghidupkan dari sisi perekonomian kita dan juga peran dari warga SulSel khususnya yang ada disini sudah sangat kelihatan. Kita bisa lihat dengan bersatunya masyarakat atau pilar-pilar yang ada di KKSS ini bisa menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif, sehingga mereka bisa bekerja dan berinvestasi dengan baik di Kabupaten Jayapura,” tukas Owner Semuwa Group tersebut.

Kegiatan jalan santai ini juga mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dalam hal ini melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, yang juga ikut hadir dalam kegiatan jalan santai ini.

“Kami dari pemerintah daerah sangat bangga apa yang dilakukan oleh Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Jayapura, ini menjadi bukti bahwa paguyuban KKSS berjalan sesuai yang diharapkan. Kegiatan jalan santai yang diselenggarakan oleh KKSS ini memberikan satu kebanggaan bagi masyarakat, baik itu masyarakat dan juga pemerintah daerah Kabupaten Jayapura,” kata Abdul Rahman Basri.

“Karena merupakan satu paguyuban yang dapat mengapresiasi dan juga mengaktualisasi berbagai kebijakan-kebijakan Pemkab Jayapura dalam hal ini berbagai aspek pembangunan, yang mana bisa kita saksikan pada hari ini ada kegiatan jalan santai dan senam bersama. Hal itu juga memberikan satu akselerasi dalam kebijakan-kebijakan pembangunan yaitu, kegiatan olahraga maupun kegiatan-kegiatan sosial lainnya. Dengan demikian, ini akan memberikan satu dampak yang dapat menyemarakkan di kabupaten ini dalam masa pandemi Covid-19,” lanjutnya.

Sementara itu, salah satu tokoh KKSS di Provinsi Papua, H. Darwis Massie, SE, mengatakan agar apa yang dilakukan oleh BPD KKSS Kabupaten Jayapura ini dapat menjadi contoh sekaligus pelopor buat KKSS Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua.

“Oleh karena itu, kami ucapkan terima kasih dan juga memberikan apresiasi kepada KKSS Kabupaten Jayapura. Yang mana, untuk pertama kalinya laksanakan kegiatan jalan santai dan antusiasnya sangat luar biasa. Mudah-mudahan ini menjadi awal bagi KKSS untuk terus berkiprah dalam rangka ikut membangun bersama-sama Pemerintah Kabupaten Jayapura,” pungkas Darwis Massie yang juga Anggota DPR Papua.

Adapun rute kegiatan itu di mulai di halaman Masjid Agung Al Aqsha Sentani menuju jalan protokol Sentani lanjut menuju jalan Pasar Lama Sentani dan finish di Lapangan Pasar Lama Sentani. Selain itu juga diadakan senam bersama dan diakhiri dengan pencabutan undian doorprize jalan santai yang memperebutkan hadiah utama berupa Tiket Pulang Pergi (PP) Jayapura-Makasar.

Artikel Terkait

Peduli Kemanusiaan, KKSS Kabupaten Jayapura salurkan Bantuan bagi Korban Kebakaran APO

Jems

KKSS Sedia Bermitra Dengan Pemerintah Membangun Daerah

Jems

Bantu Warga Masamba, KKSS Kabupaten Jayapura Lakukan Penggalangan Dana

Jems

Peduli Korban Banjir Masamba, BPD KKSS Kabupaten Jayapura Buka Donasi

Jems

KKSS Kabupaten Jayapura Bagikan Masker Kepada Masyarakat

Bams