Pasific Pos.com
Papua Tengah

Peringatan Hari Kepanduan Sedunia ke-161 Tahun 2018 di Nabire

NABIRE – Dipusatkan di Bumi Perkemahan Bumi Wonorejo Nabire, telah dilaksanakan upacara peringatan Lord Baden Powell atau Hari Kepanduan Sedunia yang ke 161, kamis 22 Februari 2018.

Bertindak sebagai pembina upacara, Wakil Ketua Kwarcab Nabire, P.T Musendi. Upacara juga diikuti ratusan anggota Pramuka Kwarcab Nabire.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Kwarcab Nabire mengatakan, Baden Powell telah menunjukkan karya yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Oleh karena itu, Wakil Ketua Kwarcab Nabire mengajak seluruh anggota Pramuka untuk terus berkarya dan mengisi pembangunan dengan hal-hal yang positif.

Usai upacara, Waka Kwarcab Nabire meninjau lokasi perkemahan yang akan dijadikan tempat berkemah anggota Pramuka Kwarcab Nabire selama 3 hari.

Sementara itu, salah seorang guru Antonius, Drs. Suardiman Dayadi, M.Pd, menurutkan, kegiatan tersebut langsung dibuka Ketua Kwarcab Kak Pembina Blasius Nuhuyanan. Saat digelar kegiatan tersebut dihadiri semua SMP, SMA di Nabire baik madrasah maupun sekolah negeri dan swasta lainnya.

Berdasarkan keterangan sumber di media ini, SMP Antonius menyiapkan 3 kelas, yaitu kelas 7 dan kelas 8 masing–masing 2 regu wanita dan 1 regu pria. Kata Pembina, mereka menyiapkan gugus depan berdasarkan undangan dari Ketua Kwarcab dengan nomor 2604. Berdasarkan undangan ini SMP Antonius siap berkemas–kemas menuju tempat perkemahan di Bumiwonorejo.

Sumber dari SMP Anak Panah, Yoce Nangaro, M.Pd saat ditemui di asrama anugerah komunitas Pesat Kelurahan Kalibobo, memberitahukan bahwa mereka juga masing–masing menyiapkan gugus depan mereka. Masing–masing pasangan laki perempuan dari SMK, SMA maupun SMP dan siswa yang mereka ikut gelar acara pandu sedunia di Bumiwonorejo.

Sementara itu, Alex Kamiroki menurutkan, HUT Pramuka berdasarkan sejarah tokoh pendiri pandu sedunia Baden Powell. Berbicara mengenai gerakan Pramuka, tidak boleh tidak, kita harus mengenal pendiri gerakan kepanduan, yaitu Lord Baden Powell Of Gilwell. Sir Robert Baden Powell telah membuat suatu loncatan dalam sejarah (“Leap of History”) yang mengejutkan dunia.

Baden Powell lahir di kota London, Inggris, tanggal 22 Februari 1857, nama lengkapnya adalah Roberth Stephenson Smyth Baden Powell. Baden Powell lulusan Charterhouse School. Dan pernah bergabung dengan pasukan Hussars ke–13 di India pada tahun 1876. Dari 1888 sampai 1895, BP sukses bertugas di India, Afganistan, Zulu dan Ashanti.

Kaka Pembina perintis Alex Kamiroki, pesan–pesan akhirnya praja artinya “masyarakat” muda artinya “anak muda” atau disingkat “PRAMUKA” (Praja Muda Karana) kondisi perkemahan gelarnya HUT Pramuka di Wonorejo setelah di pantau media ini bukan itu saja untuk mencari tahu data keamanan lingkungan Ketua RT. 03 RW.02 gang jambu Bumiwonorejo Pak Sutarto menjelaskan katanya kondisi perkemahan yang digelar di lingkungan kami, lapangan sepak bola berjalan baik dan aman , kami selaku warga disini ikut menjaga jalannya acara perkemahan selama 3 hari, kami awasi pagi, siang dan malam demi mengantisipasi penyusupan namun saja tak ada masalah, pesan akhir dari saya selaku ketua RT Berterima kasih kepada Panitia yang telah menyelenggarakan perkemahan dilingkungannya dari awal sampai akhir dengan baik. Kegiatan pramuka yang di gelar di Bumiwonorejo sejumlah kegiatan dilaksanakan sesuai sikap pokok atau makanan pokok dalam dunia ke pramukaan. 3 hari sudah perkemahan selesai para Pembina, penegak, penggalang dan semua peserta perkemahan membakar api unggun sebagai budaya penutupan perkemahan setiap selesai berkemah dan akhir dari semua kegiatan kepramukaan, pramuka jadi motto disiplin memajukan gaya hidup berkarakter, bermoral yang beraharga bagi bangsa dan bernegara. (ist)