Pasific Pos.com
Papua Selatan

Perencanaan Kunci Suksesi Pembangunan

MERAUKE,ARAFURA,- Kepala Bappeda Dan Litbang Kabupaten Merauke, Justina Sianturi, mengatakan pembangunan yang baik itu harus dimulai dari proses perencanaan yang baik. Karena itu, diharapkan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) ada usulan yang kemudian disepakati bersama.

“Kita memiliki panduan penyelenggaraan perencanaan pembangunan. Itu namanya rencana pembangunan daerah. Dimana sekarang kita sudah memasuki tahun ketiga dari LPJMD kita, mulai Tahun 2016 sampai 2021,”ungkapnya ketika ditemui di Lobby Gedung Bellafiesta, Kemarin.

Lebih lanjut dikatakan, dalam LPJMD tertuang target pencapaian atau hasil kerja pemerintah yang dapat disampaikan kepada seluruh masyarakat. Jadi, ada satu capaian program berupa kegiatan yang tentunya dituangkan dalam bentuk bagaimana merencanakan penganggaran.

“Ini mungkin yang belum dipahami, baik kita dari pihak SKPD maupun distrik apalagi dari masyarakat, sehingga sosialisasi sangat perlu, sangat penting,”tukasnya.

Melalui sosialisasi diharapkan, semua pihak khususnya masyarakat bisa memahami bahwa dalam merencanakan pembangunan bukan membuat usulan yang panjang, tetapi harus memilah kegiatan yang menjadi perioritas. “Kita membedakan keinginan dan kebutuhan, karena kita dibatasi dengan yang namanya pembiayaan. Pembiayaan kita, tentunya pembiayaan yang terbatas,”ujarnya.

Ditambahkan, melalui proses Musrenbang tidak ada yang sia-sia, tetapi jika kita bisa melakukan proses ini dengan baik maka inilah proses penyusunan perencanaan yang baik, sehingga tercapai seperti yang diharapkan tentunya sesuai kebutuhan. Itu ditandai dengan adanya program dan perioritas.