Pasific Pos.com
Info Papua

Peralatan Latihan PON Papua Tersedia Januari 2020

JAYAPURA,- Peralatan latihan baru untuk mengganti peralatan lama yang telah rusak, baru bisa dipakai setiap cabang olahraga (cabor) PON Papua awal tahun 2020. Saat ini, peralatan tersebut masih dalam proses pembelian.

Hal itu disampaikan Ketua Puslatprov Papua, Brigadir Jenderal TNI Irham Waroihan pada rapat Koordinasi Teknis terkait kesiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020,  bersama KONI Papua, Cabang Olahraga (Cabor) dan Pelatih di Aula Tony Rompis, Kodam XVII Cenderawasih, Kamis (28/11/2019).

Irham mengatakan bahwa rapat ini tujuannya melakukan evaluasi program Puslatprov yang sudah berjalan selama ini. Jadi, dari hasil evaluasi, kami akan menambah armada transportasi bagi cabang olahraga yang sedang melakukan pemusatan latihan, kita akan libatkan kendaraan operasional dan tim kesehatan TNI AD, kenapa? agar perintah itu satu komando,” ujar Irham didampingi Sekretaris I Koni Papua, Daud Ngabalin dan Wakil Ketua Puslatprov Kolonel Donova Pri Pamungkas.

Terkait dengan peralatan latihan, Irham menjelaskan, sudah mendengar keluh kesah dari masing-masing cabang olahraga dan pelatih. Namun demikian, peralatan ini bukan harga yang murah, dan prosedur birokrasi keuangan juga harus terbuka untuk umum dan itu akan ditangani langsung oleh Koni Papua.
“kalau peralatan ditangani langsung oleh KONI, tapi kita sudah koordinasi, bulan Januari 2020, peralatan latihan untuk semua cabang olahraga sudah tiba di Jayapura,” tuturnya.

Irham juga mengakui, Bidang Sarana dan Prasana KONI Papua juga sudah sampaikan bahwa seluruh peralatan cabang olahraga sudah tiba di Jayapura awal tahun depan.

Sementara itu, Sekretaris I Koni Papua, Daud Ngabalin mengatakan  peralatan latihan atlet PON Papua sudah dipesan. Hanya saja, peralatan ini bukan dibutuhkan oleh Papua sendiri, tetapi 33 provinsi lainnya juga.

Oleh karena itu, ketika KONI memesan peralatan pada vendor (penjual) berbenturan dengan daerah lain yang juga pesan. “event olahraga ini bukan PON saja, ada juga Sea Games dan kebanyakn vendor-vendor yang kita pesan barang, negara lain juga pesan di mereka. Ini yang kita tidak perhitungkan sebelumnya, makanya ketika kita melakukan pengadaan peralatan, barangnya tidak tersedia,” katanya.

Namun demikian, pihaknya minta cabang olahraga untuk tetap semangat dalam latihan, karena peralatan yang sudah dipesan dipastikan awal tahun 2020 sudah tiba di Jayapura.