Pasific Pos.com
Papua Barat

Penyidik Satlantas Kumpulkan Bukti Laka Maut Tewaskan Perwira Kodam

Manokwari, TP – Penyidik Satlantas Polres Manokwari masih mengumpulkan bukti-bukti terkait kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang menewaskan perwira Kodam XVIII Kasuari, Papua Barat, Kapten Inf. Handy F. Siburian, Minggu (21/1) pagi.

Diberitakan sebelumnya, kasus ini bermula ketika mobil operasional PT PLN (Persero) Area Manokwari yang dikemudikan Fransiskus Rahayaan menabrak sepeda motor Supra X yang dikendarai almarhum di Jl. Trikora, Arfai, Manokwari.

Kasat Lantas Polres Manokwari, AKP Sunarko mengaku, untuk kasus ini sudah dilakukan penyelidikan guna mengetahui fakta-fakta atas kejadian itu. “SPDP sudah kita kirim ke kejaksaan hari Senin lalu,” kata Sunarko kepada Tabura Pos di kantornya, Rabu (7/2).

Lanjut Sunarko, sekarang penyidik tinggal memeriksa beberapa saksi tambahan dan melengkapi berkas perkara, dan selanjutnya melakukan tahap 1. Ia menegaskan, apabila berkas perkara tahap 1 sudah dinilai lengkap oleh pihak kejaksaan, berarti penyidik akan melakukan tahap 2, menyerahkan barang bukti dan tersangka.

Kasat Lantas menambahkan, tersangka akan dijerat dengan Pasal 310 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman hukuman 6 tahun pidana penjara dan denda Rp. 12 juta.

Ditanya apakah dalam proses penyelidikan dan penyidikan sopir PLN terbukti bersalah, Sunarko menjelaskan, berdasarkan hasil penyidikan membuktikan demikian. “Yang bersangkutan lalai, karena mengemudi dalam pengaruh minuman beralkohol,” kata Sunarko. [BOM-R1]