Pasific Pos.com
Info Papua Sosial & Politik

Penutupan Rakerwil, Pengurus NasDem Papua Diharapkan Konsisten Rebut Kursi Terbanyak Pada Pemilu 2024

Koordinator Kebijakan Publik dan Strategis DPP Partai Nasdem, Suyoto bersama Ketua DPW Partai Nasdem Papua, Mathius Awoitauw dan Sekretaris DPW Partai Nasdem, Jhoni Banua Rouw, beserta Pengurus DPW Nasdem Papua saat menutup Rakerwil DPW Partai NasDem Papua, Sabtu (2/4/2022) malam.

SENTANI – Seluruh pengurus Partai Nasdem Papua diharapkan untuk terus konsisten dalam merebut kursi terbanyak pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Harapan itu disampaikan Mathius Awoitauw saat penutupan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) partai Nasdem Provinsi Papua di Hotel Suni Garden Abepura, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (2/4/2022) malam.

Seluruh pengurus, kata Mathius, harus kembali mengulang bahkanmelebihi kemenangan yang sudah diraih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Baik itu kursi gubernur, kita akan merebutnya. Semua ketua DPR akan kita rebut termasuk provinsi dan anggota DPR terbanyak di Kabupaten/Kota. Mudah-mudahan dari Rakerwil ini, ada peningkatan untuk konsistensi-konsistensi kita dengan apa yang kita putuskan,” harap ketua DPW yang juga bupati jayapura dua priode ini.

Dalam kesempatan itu, Mathius juga mengingatkan seluruh pengurus bahwa partai NasDem adalah partai yang terbuka untuk siapa saja.

“ Jadi sebagai partai yang terbuka untuk siapa saja, kita bisa menerima siapa saja orang-orang terbaik untuk mengurus partai ini. Untuk itu, komitmen dan apa yang sudah kita bicarakan harus benar-benar kita laksanakan dengan baik demi kemajuan partai,”tegas Mathius.

Mathius melanjutkan, besok kita dalam proses rekrutmen menuju Pemilu 2024 sehingga diharapkan untuk semua DPD termasuk juga DPW, tidak hanya focus melihat keadaan ke dalam tetapi, kita juga harus membuka diri melihat orang-orang terbaik, karena kita harus membesarkan partai ini.

“Karena itu, komitmen-komitmen ini harus dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab dan sanksi-sanksi atau evaluasi-evaluasi apapun yang di lakukan dalam proses-proses yang tidak berjalan di partai,”

“Karena sifatnya terbuka, sekali lagi dalam rekrutmen untuk kepala daerah untuk daerah-daerah yang melakukan pemilihan langsung tidak wajib hukumnya untuk kita lakukan survei oleh lembaga survei, karena itu terbuka untuk siapa saja. Tapi, kalau kita terbaik di urutan-urutan yang menentukan, ya kita akan pergi. Kalau dia di urutan di bawah, saya mohon maaf karena kita mau menang, kita mau perjuangan menjadi partai yang besar,” katanya.

“Oleh karena itu, kita harus berjuang, kita harus tunjukkan bahwa kita bisa mulai hari ini. Dan itu tantangannya nanti ke depan hal yang berikut, bahwa dalam perubahan-perubahan yang akan datang seperti tadi kita diskusikan ada yang baru akan muncul. Bukan saja anggota legislatif, tetapi kita juga harus mempersiapkan anggota-anggota DPR, apakah di provinsi satu atau provinsi empat nanti bahwa ada kursi pengangkatan di sana,” tambahnya.

Meskipun tidak melalui partai politik, pihaknya harus berusaha bahwa ada orang-orang kita juga yang harus masuk dalam proses, baik di DPR provinsi di 4 provinsi maupun di Kabupaten Kota dikenal dengan nama DPR Kabupaten. DPR itu juga ada kursi dalam revisi Undang-Undang.

“Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk calon-calon legislatif, tetapi juga harus melirik orang-orang ini. Karena mereka juga akan berfungsi pada fungsi yang sama di legislatif. Karena itu saya ingin kenapa ada DPR dengan 14 kursi, dengan 14 kursi pangkas semua. Kemudian ada DPRK, ada setiap itu kesempatan untuk orang asli Papua yang tidak bisa bersaing dengan perbedaan secara umum yang berlaku di seluruh manusia,” bebernya

Sementara itu, dalam laporannya, Herlin Beatrix Monim mengatakan, pada Rakerwil DPW Partai NasDem Papua ini menghasilkan 18 rekomendasi yang harus dilaksanakan oleh kader NasDem di Papua serta menegaskan kepada seluruh pengurus DPW, DPD dan DPC untuk lebih memperkuat struktur partai dari tingkat DPD, DPW hingga ke DPP.

” Jadi dari 18 rekomendasi Rakerwil yang harus dilaksanakan oleh kader NasDem di Papua, adalah menjadikan Partai NasDem di Papua kembali menang di Pemilu 2024 nanti,” jelas Herlin Beatrix Monim.

Herlin Beatrix Monim juga menyampaikan keputusan yang sudah di putuskan dalam Rakerwil hari ini adalah keputusan kita bersama seperti keputusan-keputusan yang lalu-lalu.

“Oleh karena itu,ini harus dilaksanakan dengan baik. Tetapi, banyak juga yang kita tidak laksanakan. Mudah-mudahan dari rakerwil ini ada peningkatan untuk konsistensi-konsistensi kita dengan apa yang telah kita putuskan tadi,” harapnya.

Sebagai partai yang terbuka untuk siapa saja, kata Herlin, sewaktu-waktu bisa mengganti siapa saja yang tidak baik dalam menjalankan perintah dan komitmen partai dan itu yang disinggung kakak Suyoto dan kakak ketua DPW.

“ Karena beliau (Suyoto) adalah koordinator untuk Papua dan Papua Barat maka apa yang sudah disampaikan ini harus menjadi perhatian untuk kita semua,” imbuh Herlin.

Artikel Terkait

NasDem Papua Berbagi Kasih di Bulan Suci Ramadhan

Jems

Bersinergi Menuju Kemenangan Pemilu 2024, Nasdem Papua Gelar Rakerwil

Jems