Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Peningkatan SDM Orang Asli Papua Melalui Pemandu Wisata

 

JAYAPURA, – Dinas Pariwisata Kota Jayapuara ikut berpartisipasi dalam kegiatan peningkatan sumber daya manusia orang asli Papua di bidang pemandu wisata (guide).

Upaya ini dilakuakan dengan mendorong optimalisasi peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan.

“Untuk menjadi guide maka keterampilan, sikap dan tutur kata sangat diperlukan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matian B. Mano di Kantor Wali Kota Jayapuara, Selasa (6/3/18).

Dengan melibatkan masyarakat lokal bukan hanya untuk bahasa dan sikap tapi juga karena masyarakat lokal sudah menguasai tempat-tempat wisata.

“Tinggal dipoles lagi dalam membawakan materi, etika dan berpakaian harus dilakukan agar menjadi daya tarik dan membuat wisatawan merasa nyaman,” kata Matias.

Terkait hal ini, Dinas Pariwisata Kota Jayapuara bekerja sama dengan pihak terkait agar sumber daya alam yang ada di Papua dapat disampaikan dengan benar.

Peningkatan SDM pemandu wisata ini juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat lokal dengan melakukan pengembangan sektor wisata.

“Jadi, arah pembangunan saya ke depan dengan melibatakan masyarakat lokal untuk meningkatkan perekonomian di sektor pariwisata,” kata Matias.

Banyak potensi wisata di Kota Jayapura, seperti tugu pendaratan tentara jepang di hamadi, pantai base-g, pantai hamadi, pantai dok II.

“Pastinya masyarakat lokal setempat sudah paham dengan sejarah masing-masing tempat wisata di Kota Jayapura,” kata Matias.