Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Peningkatan Kualitas ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Jayapura

 

JAYAPURA, – Guna menghasilhan aparatur sipil negara (ASN) yang berkualitas dan loyal dalam bekerja, Pemerintah Kota Jayapura menggelar seleksi jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama dan mutasi di Aula Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Jayapura, Waena, Distrik Heram, Papua, Jumat (9/2/18).

Ketua panitia seleksi JPT pratama dan mutasi, Robert Johan Betaubun mengatakan kegiatan tersebut sesuai amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatur sipil negara dan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan daerah Nomor 6 Tahun 2016 tentang susunan perangkat daerah.

“Kegiatan ini untuk kepentingan penataan potensi dan kualitas ASN agar bekerja secara maksimal. Seleksinya dilakukan terbuka dan secara online,” kata Robert dalam seleksi tahap II Penyusunan Makalah dan Wawancara.

Dihadapan peserta tahap tahap II yang lolos admistrasi sebanyak 39 orang yang mendudukan jabatan golongan 4A/eselon II, kata Kepala BKPP Kota Jayapura ini, pelaksanaan tahap II dilakukan selama dua jam untuk menuliskan makalah lalu dilakukan wawancara.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, yang disaksikan langsung Asisten Komisioner ASN bernama Antonius berpesan agar peserta seleksi JPT mengikuti kegiatan dengan baik.

“Kota Jayapura tetap menjadi pusat pemerintahan di Papua. Mengikuti dengan sungguh-sungguh tahap demi tahap agar mendapatakan SDM ASN yang baik untuk membantu saja bekerja bersama. ASN harus menguasai tugas pokok dan fungsinya,” kata Benhur.

Sebelumnya, Benhur menyarankan kepada Asisten Komisioner ASN agar pelaksanaan JPT pratama dan mutasi dilakukan juga di daerah pedalaman untuk menduduki jabatan pimpinan tinggi.

Asisten Komisioner ASN Antonius, mengatakan kegiatan tersebut terlaksana agar membantu Wali Kota Jayapura untuk mendapatkan ASN yang berkualitas.

“Untuk mendapatkan JPT mutasi minimal sudah menduduki jabatan dua tahun, dan JPT pratama paling lama 5 tahun sesuai amanat UU. Panitia seleksi nantinya menyampaikan tiga calon JPT pratama melalui seleksi,” kata Antonius.