Pasific Pos.com
Papua Selatan

Pengurusan Surat Keterangan Tidak Dipungut Biaya

MERAUKE,ARAFURA,- Berdasarkan petunjuk Pengadilan Tinggi Jayapura, terhitung Tanggal 5 Juli 2018 pengurusan surat keterangan tidak pernah dijatuhi pidana penjara dan surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya di Pengadilan Negeri Merauke tidak dipungut biaya apapun.

Hal itu disampaikan Humas Pengadilan Negeri Merauke di Pengadilan Negeri, Rizki Yanuar di Pengadilan Negeri, Kamis (5/7). Sementara bagi Caleg yang sudah membuat surat sebelum adanya surat dari Pengadilan Tinggi Jayapura, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pimpinan Pengadilan Negeri Merauke. Pasalnya, setiap pemohon dikenakan biaya sebesar 100 ribu per lembar.

Disinggung mengenai pungutan yang sudah dilakukan, Ia mengatakan hal itu merupakan kebijakan dari Pengadilan Negeri Merauke. “Mengenai pengembalian biaya yang sudah dipungut dari Caleg, akan kita koordinasi lagi dengan pimpinan,” tandasnya.

Sementara itu, Salah Satu Caleg, Bambang Suji mengaku kaget saat mengetahui biaya pengurusan surat keterangan tidak pernah dipidana dan tidak dicabut hak pilihnya mulai Tanggal 5 Juli 2018 digratiskan. Pasalnya, sebelumnya pemohon dikenakan biaya. Ia mengaku, tidak menjadi masalah apabila hal itu merupakan salah satu persyaratan tetapi harus berdasarkan aturan yang berlaku.

Ia mengatakan, bila pengurusan surat tersebut digratiskan seharusnya semuanya disamakan. “Seharusnya dikembalikan, nantinya tidak ada keadilan yang pertama bayar dan sekarang tidak bayar,” ucapnya.