Pasific Pos.com
Olahraga

Pengurus Paralayang Papua Dikukuhkan

SENTANI – Pengurus Provinsi (Pengprov) Paralayang Papua Masa Bhakti Tahun 2019-2023, resmi dikukuhkan oleh Ketua Fasida Papua Marsma TNI Budhi Achmadi, M.Sc, yang diwakili Kepala Dinas Personel Lanud Silas Papare, Kolonel (Adm) Sunu Sugestino, Jumat (27/11/2019).

Pengurus yang dikukuhkan antara lain Ketua Pengprov Paralayang Amos Jikwa, Ketua Harian, AKBP Tony Ananda, Sekretaris, Steve Dumbon, Bendahara Brigpol Azwar dan pengurus lainnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut, para pengurus dari tiap-tiap cabang olahraga dirgantara, Ketua Bidang Organisasi KONI Papua, Dance Nere dan para tamu undangan lainnya.

Ketua Pengprov Paralayang Papua, Amos Jikwa dalam sambutannya menyatakan Papua menargetkan dua medali emas pada cabang paralayang PON XX Papua tahun 2021 mendatang.

“Target kami di PON minimal dua emas, sebanyak 11 atlet saat ini sedang melakukan pemusatan latihan di Jawa Tengah,” katanya.

Ia mengatakan untuk mencapai target itu, tentu mereka meminta dukungan semua pihak, sekaligus dukungan doa dari masyarakat Papua.
Menurut dia, pada PON nanti, mereka tetap mewaspadai kekuatan lawan-lawan yang berasal dari pulau Jawa.

“Kita tetap waspadai lawan yang sudah punya pengalaman, tetapi atlet kita juga tidak kalah juga dengan mereka. Sekarang ini atlet kita sudah bisa bersaing dengan atlet juara dunia asal Jawa Timur,” katanya.
Hal senada disampaikan Ketua Bidang Organisasi KONI Papua, Dance Nere bahwa untuk meraih prestasi di PON, maka pengurus cabor harus menyiapkan atlet dengan baik.

Sebab, prestasi tidak jatuh dari langit, semua dilalui dengan latihan dan latihan, dan tentu saja dengan pelatih yang berkualitas.

“Tidak ada prestasi yang jatuh dari langit, tapi untuk mencapai prestasi itu, harus dengan latihan dan kerja keras,” ujarnya.

Sementara itu, sambutan Ketua Fasida Papua, Marsma TNI Budhi Achmadi, M.Sc yang juga selaku Danlanud Silar Papare Jayapura dibacakan Kolonel (Adm) Sunu Sugestino, meminta pengurus cabor Paralayang untuk kedepan membangun komunikasi yang baik dengan semua stakeholder terkait.
Sebab, dengan komunikasi yang efektif merupakan kata kunci untuk kesuksesan dalam menjalankan sebuah organisasi.

“Kita semua berharap setelah dilantiknya kepengurusan cabang olahraga Paralayang hari ini, segera dilanjutkan dengan langkah-langkah konkrit dalam upaya pembenahan dan peningkatan kinerja kepengurusan terutama dalam pembinaan organisasi ini dan upaya peningkatan pembinaan prestasi,” tuturnya.

Danlanud berharap menjelang Pekan Olah Raga Nasional agar para atlit yang tergabung dalam Fasida Papua segera mempersiapkan diri, walaupun dengan keterbatasan sarana dan prasarana tetapi dengan tekad dan semangat yang kuat para atlit akan mampu menunjukkan prestasi yang terbaik.

“Harapan kami cabor ini terus dikembangkan agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi cabang olahraga yang memiliki prestasi yang membanggakan dan mampu mengharumkan nama Papua di tingkat Nasional,” tegasnya.

Lanjutnya, tugas yang yang diemban pengurus Paralayang tidaklah ringan tahun depan, sebab Provinsi Papua menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional ke-20, hal ini tentunya menjadi cambuk dan motivasi yang kuat kepada pengurus untuk dapat berprestasi dan meraih medali sebanyak-banyaknya.

Namun, untuk meraih medali tidak semudah membalikkan tangan, namun memerlukan perjuangan, kerja keras, dedikasi serta inovasi-inovasi dalam menyiapkan atlet yang prima dan memiliki keahlian yang mumpuni meraih prestasi nanti.

Pada kesempatan itu, Danlanud juga mengimbau kepada pemerintah dan KONI agar dapat membantu cabor-cabor Dirgantara, karena tanpa bantuan dari pemerintah dan KONI, upaya pengurus dalam ajang olahraga ini tidak akan berjalan dengan maksimal. Jelasnya.

Artikel Terkait

Disorda Papua Survei Venue Paralayang PON 2021

Bams