Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Pengurus Komite Insos Kabor Byak Tanah Tabi Dilantik

 

JAYAPURA,- Pasca amanat kongres 27 s/d 30 Juli 2015 di Manokwari, akhirnya Komite Insos Kabor Biak – Raja Ampat Tanah Tabi segera dilantik oleh Ketua Umum Insos Kabor Papua, Aries Mofu, Jumat (9/2/2018), di Gedung Olahraga Cenderawasih Jayapura.

Ketua Panitia Pelantikan Alex Baransano yang juga selaku Ketua Umum Komite Insos Kabor Biak – Raja, mengatakan, pelantikan ini juga akan dihadiri oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Ia mengatakan, kehadiran Komite Insos Kabor Biak – Raja Ampat Tanah Tabi, diharapkan menambah semangat daripada visi Insos Kabor yang ingin mengembalikan kejayaan pemuda Biak untuk menjadi pelayan bagi pembangunan, baik di kampung maupun perkotaan.

Terbentuknya organisasi kemasyarakatan ini, diharapkan dapat memberdayakan pemuda Biak di tanah tabi, dalam mengimbangi proses pembangunan yang sedang berjalan.

“Memang saat ini kondisi kita di Biak sedang akan ada pergumulan Pilkada Bupati. Tapi sekali lagi saya tegaskan organisasi ini tidak ada kaitannya dengan politik. Namun, kita harap bisa merangkul pemuda supaya bisa lebih lebih dewasa dalam menyikapi Pilkada ini,” kata dia.

Pada kesempatan itu, dia mengajak seluruh pemuda dan pemudi Biak, maupun yang memiliki hubungan emosional dengan “kota karang” itu, untuk dapat ikut memeriahkan serta menghadiri pelantikan pengurus Komite Insos Kabor Biak – Raja Ampat Tanah Tabi.

“Sebab kehadiran mereka dapat memberikan dorongan semangat bagi kami untuk berkarya. Untuk itu, sekali lagi kami mohon dukungan semua pihak untuk sukses dan lancarnya kegiatan ini,” tutur dia.

Sekretaris Panitia Pelaksana, Sartje Adadikam mengatakan persiapan panitia sudah 90 persen tinggal menunggu pelaksanaan di hari puncak. “Kami panitia sudah kerja keras dengan semua administrasi bahkan undangan yang sudah dipersiapkan”.

“Sehingga kami pastikan pada 9 Februari mendatang acara ini harus dilaksanakan karena undangan sudah beredar ke kalangan pemerintah, swasta dan masyarakat. Sebab harapan kami kegiatan yang pertama kali lahir di tanah tabi ini bisa mempersatukan semua Biak yang ada di Papua, baik laki-laki maupun perempuan,” pungkasnya.

Dia menambahkan, usai prosesi pelantikan, akan ada satu acara adat Byak Raja Ampat bagi Gubernur Papua Lukas Enembe yang selama ini telah berhasil membangun Papua ke arah yang lebih maju.

Sekretaris panita pelantikan, Sartje Adadikam mengatakan persiapan pelantikan sudah 90 persen, tinggal menunggu waktu pelantikan.

“Ini kegiatan pertama kali di Tanah Tabi dengan tujuan mempersatukan Insos Kabor, perempuan Papua, perempuan dan laki-laki Byak untuk bisa bergandengan tangan untuk bisa menunjang pembangunan, bahkan terlibat langsung dalam aspek positif,” kata Sartje.