Pasific Pos.com
Papua Barat

Pengosongan Lahan di Rendani, Pemkab Berikan Batas Waktu Hingga 25 Juli

Manokwari, TP – Batas waktu pengosongan lokasi yang akan digunakan sebagai perluasan areal parkiran Bandara Rendani telah diputuskan bersama antara Pemerintah kabupaten (Pemkab) Manokwari dan Unit Pelayanan Bandara Udara (UPBU) Rendani Manokwari.

Kepala Tata Usaha UPBU Rendani Manokwari, Sugeng Hadi, mengatakan warga diberikan waktu selama satu minggu ke depan, tepatnya sampai 25 Juli 2018 agar segera mengosongkan lokasi dimaksud.

Sugeng menjelaskan, batas waktu itu diberikan kepada 16 pemilik rumah, terutama 8 orang yang sudah menerima uang konpensasi dari Pemkab Manokwari. 

“Kesepakatan warga diberikan waktu seminggu, kita minta batas waktu sampai tanggal 25 Juli mulai dari rapat, masyarakat diminta untuk membongkar rumahnya sendiri terutama yang sudah terima uang konpensasi, barang kali ada barang-barang yang masih bisa digunakan,” kata Sugeng kepada wartawan di kantornya, Jumat (20/7).

Sugeng menjelaskan tanggal 26 sampai 31 Juli, akan dilanjutkan dengan tahap pembongkaran dan pembersihan dengan alat berat, sehingga pekerjaan intinya dapat dimulai awal Agustus.

Sugeng mengungkapkan, dalam pertemuan bersama Pemkab Manokwari di kantor Bupati, Kamis (19/7), juga telah disepakati bahwa tidak ada toleransi waktu lagi yang diberikan kepada 8 warga yang tidak mau menerima uang konpensasi.

“Jadi selama pembongkaran tanggal 26 sampai 31 Juli, bagi delapan warga yang belum menerima uang konpensasi, selama itu ada berubah pikiran bisa langsung menemui pihak pemerintah,” ungkap Sugeng seraya menambahkan bahwa berkaitan dengan rencana pembersihan areal tersebut sudah melakukan sosialisasi kepada warga sekaligus pemberitahuan. [SDR-R3]