Pasific Pos.com
Papua Barat

Penggunaan Gedung Baru RSUD Manokwari Terkendala Fasilitas Pendukung

Manokwari, TP – Meski pembangunan gedung baru RSUD Manokwari telah rampung 100 persen, namun sampai sekarang gedung itu belum digunakan pihak RSUD Manokwari karena masih terkendala fasilitas pendukung.

        “ Kalau pembangunan fisiknya sesuai alokasi anggaran sudah 100 persen, tapi belum dapat digunakan karena fasilitas pendukungnya belum ada,” kata Kepala Bidang Kesekretariatan RSUD Manokwari, Walter Rinaldy, T.M.Acc kepada Tabura Pos, Jumat (6/7).

Dikemukakan Rinaldy, pihaknya belum dapat memenuhi fasilitas pendukung gedung baru karena terkendala anggaran seperti, fasilitas penunjang lahan parkir, taman dan lainny. “ Kalau diperkirakan sekitar 20 persen lagi, itu yang tidak terpikirkan diawal pembangunan gedung baru ini,” kata Rinaldy.

Dalam kesempatan itu, Rinaldy mengaku bahwa ketersediaan fasilitas kesehatan di RSUD Manokwari belum menjadi kendala untuk mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat. “ Sumber daya manusia kita juga cukup,” ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Rinaldy, bangunan gedung baru bisa saja digunakan, akan tetapi dalam pelayanan dibutuhkan kehati-hatian karena dikhawatirkan saat musim hujan pasien yang baru masuk ke RSUD harus di dorong sekitar 7 meter.

        “ Pembangunan gedung baru RSUD Manokwari berlantai dua dilaksanakan selama 5 bulan, lantai 2 menggunakan karpet khusus,” terang Rinaldy seraya berharap pemerintah daerah memberikan perhatian untuk menuntaskan kendala yang ada sehingga gedung baru segera dapat digunakan untuk melayani masyarakat Manokwari.

Diberitakan sebelumnya, alokasi pembangunan gedung baru RSUD Manokwari sekitar Rp 44 miliar yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2017. Dalam proses pengerjaan gedung itu Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan setidaknya dua kali melakukan peninjauan pembangunan gedung baru RSUD tersebut. [CR51-R2]