Pasific Pos.com
Papua Barat

Pengelolaan Sampah di Manokwari Diusulkan Gunakan Sistem Sanitary Lanfill

Manokwari, TP – Pengelolaan sampah di Manokwari diusulkan menggunakan system Sanitary Landfill. Pemusnahan sampah dengan metode Sanitary Landfill merupakan membuang dan menumpuk sampah ke suatu lokasi yang cekung, memadatkan sampah kemudian menutupnya dengan tanah.

Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem PLP Provinsi Papua Barat Eduardus Halaseren menilai pengelolaan sampah dengan system Sanitary Landfill tepat. Hanya saja, membutuhkan anggaran yang besar besar.

Menurutnya TPA Sampah Manokwari yang kini kian berdekatan dengan lokasi pemukiman, sebenarnya tidak bermasalah asalkan dalam pengelolaannya menerapkan SOP yang tepat, yaitu saat sampah masuk dan menumpuk ditimbang terlebih dahulu lalu didistribusikan ke sel-sel yang telah disiapkan kemudian dibuang diratakan dan dipadatkan. Setelah itu ditutup, dan lindinya telah diarahkan ke kolam yang disiapkan sehingga dijamin tidak menimbulkan polusi.

“Tidak masalah meski berdekatan dengan pemukiman. Ditengah-tengah kota tidak masalah. Seperti di Jawa Timur maupun di Solo TPA sampah juga berlokasi di tengah-tengah kota. Asalkan SOP dijalankan agar polusi bisa ditekan,” kata Edu belum lama ini.

Sistem sanitary Landfill, jelas dia merupakan sarana pengurugan sampah ke lingkungan yang telah disiapkan dan dioperasikan secara sistematis. Dalam system tersebut dilakukan proses penyebaran dan pemadatan sampah pada area pengurugan dan penutupan sel sampah.

Ditanya apakah sudah ada penyerahan asset, Edu menjelaskan TPA Sampah Manokwari yang berlokasi di Sowi Gunung masih menggunakan system pinjam pakai sehingga apapun prosesnya dan pengoperasiannya menjadi tanggungjawab pemkab Manokwari.

Dicecar batas waktu pinjam pakai tersebut, Edu mengatakan hingga adanya surat berita acara penyerahan asset dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan. “Belum dan masih dalam proses,” terangnya seraya menambahkan, jika pengelolaan sampah di kota kecil disarankan dengan menggunakan system controller landfill.[RYA-R3]