Pasific Pos.com
Papua Selatan

Penerapan Kartu Agar Pedagang Taat Aturan

MERAUKE,ARAFURA,-Kabid Retribusi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Merauke, B.Rahalus, SH mengemukakan bahwa dengan menerapkan kartu bukti pedagang diharapkan akan mampu meningkatkan ketaatan para pedagang di pasar terhadap aturan yang berlaku. Sebab kartu ini wajib diperpanjang setiap tahun dan kartu akan ditempel di setiap kios milik pedagang. Ketika pihak badan melakukan monitoring nantinya tinggal mengecek langsung kartu pedagang yang bersangkutan apakah yang berjualan di kios tersebut benar-benar pemilik kios yang asli atau bukan.

“Sebenarnya kartu ini dibuat karena telah diatur dalam peraturan bupati nomor 8 tahun 2013. Oleh sebab itu untuk mencegah praktek-praktek tidak sehat maka kita berupaya menerapkan semaksimal mungkin,”ujarnya kepada ARAFURA News di kantor Bapenda Merauke, Selasa (20/2) lalu. Lebih lanjut ia menjelaskan, kartu pedagang akan mulai diberlakukan di pasar Kurik namun akan berlanjut ke Pasar Wamanggu dan lainnya. Jadi begitu penarikan undian dilakukan pihaknya langsung ke lokasi, memotret dan menempel kartu anggota di kios-kios pedagang.

“Setelah kepala badan tanda tangan langsung kita berikan kepada pedagang dan ditekankan untuk ditempel di kios masing-masing. Dengan demikian akan lebih efektif untuk mengecek dan menghindari terjadinya permainan tidak sehat antar pedagang, aktifitas jual beli, sewa menyewa dan tindakan lainnya yang melanggar peraturan,”jelasnya lagi. Untuk mendapatkan kartu ini maka untuk pedagang baru harus mengajukan surat permohonan sesuai dengan Perda atau untuk kios-kios baru bisa melalui pengundian.

Nantinya pedagang yang memenangkan undian yang berhak menempati kios dan mendapatkan kartu. Untuk pasar Kurik direncanakana ada 28 kios yang akan mendapatkan kartu namun bisa bertambah di waktu-waktu mendatang jika Pemda menambah jumlah kios. Tidak hanya bagi pedagang baru, pedagang lama juga akan mendapatkan kartu yang sama. Adapun yang tertera di kartu tersebut selain pasfoto pedagang juga uraian biodata dan pencantuman sanksi-sanksi yang akan diterima jika pedagang melakukan pelanggaran.

Total ada 6 poin sanksi yang termuat, dua di antaranya yakni pedagang wajib membayar retribusi sewa kios selambat-lambatnya tanggal 10 bulan berjalan dan dilarang keras menyewakan kios kepada pedagang lain. Jika pedagang tersebut sudah tidak mampu lagi berjualan maka harus mengajukan permohonan diri secara resmi kepada Pemda dalam hal ini melalui Bapenda.