Pasific Pos.com
Papua Selatan

Penerapan K13 Perlu Pemetaan

MERAUKE,ARAFURA,- Penerapan pendidikan yang bermutu dan merata di seluruh Indonesia merupakan cita-cita semua pihak. Tetapi perlu juga dilakukan evaluasi terhadap pendidikan yang ada khususnya di daerah pedalaman maupun kampung-kampung. Pasalnya, pendidikan yang ada di wilayah itu masih banyak mengalami kendala sehingga dalam penerapan Kurikulum 2013 (K13) perlu dilakukan pemetaan.

Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten, Benhur Rentandatu mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke harus bersama-sama mendorong pendidikan di Papua.

Sejauh ini, pemerintah pusat juga sudah memberikan perhatian yang cukup tetapi itu masih kurang untuk memperbaiki dan mengelola pendidikan yang ada di daerah terpencil. Peran dari pemerintah provinsi untuk terus mengembangkan pendidikan di Papua melalui berbagai program gencar dilakukan mulai pemberantasan buta aksara atau program lainnya.

Ia juga berharap, agar para guru dapat meningkatkan mutu dan kompetensi sehingga pendidikan yang bermutu dapat diterapkan di semua pendidikan. “Para guru harus dapat mengembangkan diri karena pemerintah sangat gencar melakukan pendampingan terhadap peningkatan kompensi pendidik,” ujarnya di Aula SMA Negeri 1 Merauke, Rabu (4/7).

Ia menambahkan, perlu juga memperhatikan hak-hak para guru terutama yang berada di daerah terpencil sehingga mereka dapat menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik.