Pasific Pos.com
Papua Selatan

Penempatan Guru Diminta Sesuai Kebutuhan

MERAUKE,ARAFURA,-Penempatan tenaga guru kedepan diharapkan bisa sesuai dengan kebutuhan yang ada di sekolah. Selain itu, dalam pengaturan penempatan guru juga harus tertib, sehingga tidak terjadi penumpukan guru di satu sekolah dan terjadi kekurangan di sekolah yang lain.

“Perlu ditertibkan, Tahun 2018 memang kita tertibkan, karena daerah itu hanya mengatur SD dan SMP,”ungkap Bupati Merauke, Frederikus Gebze,SE,M.Si dihadapan masyarakat Kampung Yasa Mulya, baru-baru ini.

Menurut Bupati, jika Tahun 2018 ini guru tidak bisa ditata maka itu terlalu, karena guru-guru SMA/SMK itu sudah ditangani oleh provinsi dan daerah hanya menangani guru tingkat SMP dan SD. Hanya yang menjadi persoalan adalah bagaimana menata kelola guru yang dibawah yayasan dan guru yang dibawa pemerintah atau pegawai negeri.

Lanjut Bupati, ini perlu ditata karena masih ada tarik menarik. Sebagai contoh, pengangkatan atau SK yakni ada SK ketua yayasan dan SK yang ditangani oleh bupati, bahkan ada yang ditandatangani kepala dinas berupa surat penunjukan.”Ini memang perlu kita tertibkan,”tukasnya.

Sedangkan untuk guru agama, Bupati berharap ada pendataan guru agama di Kabupaten Merauke, sehingga bisa dilihat rasionya cukup atau tidak dengan menghitung jumlah sekolah dan jumlah siswa yang ada. Kemudian, khusus untuk guru agama itu adalah guru bidang study atau mata pelajaran sehingga diharapkan dia memang fokus hanya mengajar mata pelajaran agama.