Menu

Line 1

Custom Search

PAUD di Jayapura Harus Miliki Ruang Membaca

  • Ditulis oleh Super User
Penilaian: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
TerburukTerbaik 
Siswa PAUD Waniambey
Siswa PAUD Waniambey Kota Jayapura saat bermain di halaman sekolah.

 

JAYAPURA, - Guna menambah minat belajar siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Jayapura, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat menghimbau agar setiap PAUD memiliki ruang membaca.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Cliford Korwa mengatakan, literasi atau ruang membaca dimaksud dalam bentuk bermain sambil belajar.

"Setiap guru PAUD harus bisa membaca dalam bentuk mendongeng sekitar 15 menit, yang sesuai dengan metode pembelajaran anak sehingga mendapatkan kepercayaan anak," kata Cliford di Kantor Wali Kota Jayapura, Papua, Kamis (18/5).

Menurut Cliford, ruang belajar di alam perlu di lakukan untuk memperkenalkan lingkungan sekitar halaman sebelum masuk ke dalam kelas untuk memulai proses belajar mengajar dengan menceritakan apa yang sudah diamati.

"Interaksi perlu dilakaukan untuk meningkatkan minat baca anak. Anak mengeluarkan pendapat apa yang dialami selama 30 menit di luar kelas, entah itu mengamati pohon, mobil kah dengan tujuan untuk meningkatkan apa yang sudah diterima dan diungkapkan kembali kepada guru," kata Cliford.

Melalui ruang membaca di alam, kata Cliford, siswa lebih senang belajar di sekolah karena model pembelajaran yang dilakukan guru membuat minat anak lebih banyak belajar sambil bermain yang merangsang untuk lebih bagus lagi dan itu tidak di dapat di rumah.

"Jumlah PAUD ada 160 PAUD terdiri dari TK dan PAUD. Harapan saya untuk meningkatkan minat belajar di mulai in house training kapasitas guru terutama materinya pendidikan keluarga, pengembangan kurukulum 2013, dan disesuaikan dengan karakter budaya anak setempat. 70 persen di luar karena belajar secara langsung, dan 30 persen belajar dalam kelas," kata Cliford.

Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura pada 22-24 Mei 2017 mendatang akan mengiring sebanyak lima orang guru PAUD ke Kota Makassar, yang bekerja sama dengan P4TK dan PLP Bandung untuk meningkatkan literasi. (Ramah)

  • No comments found

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
Info for bonus Review bet365 here.