Pasific Pos.com
Papua Selatan

Pendidikan Karakter Penting Diterapkan Di Sekolah

MERAUKE,ARAFURA,- Pendidikan karakter dinilai sangat penting untuk diterapkan disekolah. Melalui proses pendidikan karakter, generasi muda dididik untuk memiliki kemampuan yang optimal dalam mengembangkan dan memberdayakan potensi dirinya.

Hal itu disampaikan Perwakilan Yayasan YPPK Merauke, Yohanes Wabumase saat Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 SMA YPPK Yos Sudarso, Senin (15/1/18). Dikatakan, pendidikan karakter menjadi bagian yang sangat penting untuk mendidik generasi muda khususnya para siswa guna membangun siswa yang mandiri, berdaya saing dan berperadaban unggul yang berlandaskan nilai-nilai pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Saya harapkan pendidikan karakter betul-betul dapat diterapkan dengan baik di sekolah, karena pendidikan karakter sangat penting untuk membina karakter para siswa,”tandasnya.

Namun, pendidikan karakter belum dapat dilaksanakan di setiap sekolah karena membutuh biaya yang cukup besar untuk melaksanakan pendidikan berkarakter di sekolah. Karena Itu, perlu adanya dukungan dari pemerintah, masyarakat, orang tua murid untuk mengambil bagian dalam penerapan pendidikan karakter.

Ia juga meminta kepada dewan untuk mendukung pendidikan karakter di sekolah sehingga dapat berjalan dengan baik agar para siswa dilatih karakternya dengan baik. Bukan hanya pintar saja, tetapi karakter mereka perlu dididik dengan baik.

Ia menambahkan, Tahun 2018 para guru juga harus lebih memacu diri untuk melakukan yang terbaik untuk mendorong semangat dan kreatifitas para siswa di sekolah. SMA YPPK Yos Sudarso mengusung tema ‘Kita tingkatkan semangat persaudaraan kerjasama demi terlaksananya pendidikan berkualitas, kreatif, inovatif dan berkarakter dapat diimplemantasikan dalam program pembelajaran yang ada di sekolah.

Sementera itu, Kepala Sekolah SMA YPPK Yos Sudarso Merauke, Antonio L. Wilhemus mengatakan SMA YPK Yos Sudarso telah banyak meraih prestasi baik di bidang akademik, seni maupun olahraga yang telah membawa nama baik Kabupaten Merauke maupun Provinsi Papua. Selain itu, SMA YPPK Yos Sudarso juga sebagai salah satu sekolah yang berhasil mengelola Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat melalui provinsi dan daerah.