Pasific Pos.com
Papua Selatan

Pencemaran Nama Baik Bupati Naik Ke Penyidikan

MERAUKE,ARAFURA,- Sesuai hasil rekomendasi gelar perkara yang dilaksanakan di Polda Papua, kasus dugaan pencemaran nama baik melalui media sosial (facebook,red) dengan korban Bupati Merauke Frederikus Gebze,SE,M.Si telah ditingkatkan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan.

“Betul kita melakukan gelar perkara di Polda, dan saya juga ikut menghadiri gelar perkara tersebut,”ungkap Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung,SH kepada wartawan saat silaturahmi dengan insan Pers di salah satu rumah makan di Merauke, Rabu (17/1/18).

Menurut Kapolres, tahapan dalam penanganan suatu kasus itu melalui beberapa tahapan yang dimulai dari penyelidikan kemudian dilakukan gelar perkara. “Itu yang sudah kita lakukan dulu saat di Polres. Hasil keputusan disimpulkan penanganan dilimpahkan,”ujar Kapolres.

Mengapa dilimpahkan ke Polda? Kapolres mengatakan karena dalam kasus ini locus delictinya tidak hanya satu yakni Merauke dan Jayapura. Kemudian, supaya kasus ini bisa terang benerang diperlukan keterangan ahli, penyidik di Polres sangat terbatas dan supaya penanganannya lebih objektif

Setelah penanganan kasusnya dilimpahkan ke Polda, lanjut Kapolres, dilakukan penyelidikan oleh Dir Krimsus Polda Papua. Selanjutnya, dilakukanlah perkara dengan mengundang Kapolres bersama penyidik Polres, kuasa hukum korban dan korban. “Statusnya sudah ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan,”tukas Kapolres.

Kapolres menambahkan, dalam kasus ini sudah ditemukan bukti permulaan yang cukup untuk dilakukan peningkatan status dari penyelidikan ke penyidikan. Sedangkan status HT sementara masih terlapor. Sedangkan untuk terlapor apakah bisa ditetapkan sebagai tersangka atau tidak, itu masih akan ada gelar perkara lagi setelah penyidik memeriksa saksi-saksi.