Pasific Pos.com
Info Papua

Penanganan Covid-19, Pemprov Papua Bantu Anggaran Kabupaten/Kota

RS Dian Harapan Khusus Covid-19 di Papua
Rapat koordinasi oleh Pemprov Papua Covid-19 di salah satu hotel di Kota Jayapura, Sabtu (25/4/2020).

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua mengalokasikan anggaran membantu pemerintah kabupaten/kota se Papua untuk penanganan Covid-19.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengatakan, bantuan keuangan kepada Pemerintah Kabupaten atau Kota sudah ditransfer.

Jadi, bantuan 2 miliar per kabupaten, kecuali Kota dan kabupaten Jayapura masing-masing mendapat Rp 4 miliar,” ujar Wakil Gubernur (Wagub) Klemen Tinal kepada wartawan usai melakukan rapat koordinasi Covid-19 di salah satu hotel di Kota Jayapura, Sabtu (25/4/2020).

Selain itu, Rumah Sakit rujukan di beberapa Kabupaten, pemerintah Papua membantu masing-masing Rumah Sakit anggaran sebesar Rp 5 miliar.

“Kita sebagai pemimpin di negeri ini, tidak perlu banyak bicara, tetapi marilah kita bekerja, kita punya tanggung jawab untuk menyelamatkan masyarakat di atas bumi Cenderawasih,” tegasnya.

Wagub mengaku, jika pasien positif covid-19 terus meningkat, maka pemerintah Papua akan meminta kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan untuk penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Papua.

Oleh karena itu, pintu-pintu masuk ke wilayah Papua harus lebih memperketat lagi, penjagaan di Kabupaten Mimika, Merauke, Nabire dan Jayaprua harus dijaga ketat.

“Empat Kabupaten/Kota di Papua ini adalah pintu masuk ke wilayah pegunungan, jika jebol maka selesai, pasti masyarakat di pegunungan akan terpapar virus corona,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam upayanya tersebut pimpinan di daerah tersebut melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait dan juga pihak keamanan, sehingga kita menjaga masyarakat Papua yang berada di wilayah pegunungan.

Artikel Terkait

ID Card Bebas Covid Palsu Beredar Di Pasar Youtefa

Fani

Ini Penyebab Pemkot Jayapura Kembali Tutup Pasar Youtefa

Zulkifli

Angka Kesembuhan Covid-19 di Papua Terus Meningkat

Bams

Resmi Ditetapkan, Pokok-Pokok Pikiran Dewan Diserahkan ke Pemprov Papua

Tiara

Sumule : Wabah Corona Belum Berkahir, Pemda Diminta Lebih Waspada

Bams

84 Tenaga Medis Dok II Jayapura Positif Corona

Bams

Pemkot Jayapura Serahkan Bantuan Sembako Tahap II

Fani

Papua luncurkan RT/RW Tangguh COVID-19

Bams

Seleksi Jabatan Sekda Papua Tunggu Keputusan Jokowi

Bams