Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Pemungutan Suara Di Kabupaten Mimika Kemungkinan Mundur

 

TIMIKA, Pelaksanaan pemungutan suara pada Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Mimika, Papua diperkirakan akan molor. Keterlambatan ini diperkirakan akan terjadi sejumlah distrik yang berada di pegunungan dan pesisir pantai yang jauh. Sementara untuk distrik-distrik yang dapat dijangkau dengan transportasi darat dipastikan akan sesuai jadwal, yakni 27 Juni 2018.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Mimika, Yoel Luis Rumakewi kepada pers usai debat kandidat.

Rumakewi mengatakan bahwa surat suara sedang dicetak di Makasar dan diperkirakan hari Jumat sudah selesai. “Hari Jumat cetak surat suara selesai dan hari Minggu diperkirakan sudah tiba di Mimika,” ujar Rumakewi

Saat ini surat suara Pilkada Mimika tengah dicetak di Makasar, Sulawesi Selatan. KPU Mimika memantau dan mengawasi langsung proses pencetakan didampingi Bawaslu Papua selaku Panwaslu Mimika dan 3 personil keamanan.

“Jumlah surat suara yang dicetak sebanyak jumlah Daftar Pemilih Tetap yakni 233.125 pemilih. Ditambah 2,5 persen dari jumlah DPT sebagai cadangan apabila surat suara rusak,” kata Luis saat ditemui usai debat kandidat putaran kedua di Graha Eme Neme Yauware, Selasa (19/6).

Untuk persoalan ini, lanjut Luis, pihaknya akan berkomunikasi dengan KPU Papua dan KPU RI apakah dimungkin pemungutan suara untuk sejumlah distrik dapat diundur mengingat letak geografis Mimika yang cukup sulit sehingga memerlukan waktu untuk pendistribusian.

Sementara itu, untuk proses pendistribusian nanti, kata Luis besar kemungkinan akan dilakukan dengan cara swakelola. Pasalnya, pihaknya tidak memiliki waktu lagi untuk melakukan proses pelelangan secara elektronik untuk pekerjaan pendistribusian logistik pemungutan suara kepada pihak ketiga.

“Untuk pekerjaan pendistribusian dapat dilakukan dengan dua cara, yakni swakelola dan lelang terbuka secara elektronik. Namun, yang paling memungkin dilakukan adalah swakelola karena waktunya sudah sangat dekat. KPU Mimika akan menunjuk pihak yang berkompeten untuk proses pendistribusian logistik sampai ke TPS-TPS,” jelasnya.

Rumakewi juga menjelaskan untuk logistik pemilihan gubernur semuanya sudah tersedia dan sudah siap didistribusikan. “Surat suara untuk pemilihan gubernur sudah dilipat, dan akan segera didistribusikan,” ujar Rumakewi mengakhiri wawancara.