Pasific Pos.com
Headline

Pemprov Sulsel Bantu Rp1 Miliar Untuk Korban Kerusuhan Wamena

JAYAPURA,- – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan bantuan sebesar Rp1 miliar untuk Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dalam penanganan korban bencana kerusuhan Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Bantuan tersebut, diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman kepada Bupati Jayawijaya. “Wagub Sulsel didampingi Sekdanya, Senin malam dalam pertemuan dengan Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Negara, Jayapura, telah memberikan bantuan senilai Rp1 Miliar melalui Bupati Jayawijaya untuk bagaimana bisa sedikit meringankan beban pemerintah dan warga di Wamena,” Ungkap Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Muhammad Musa’ad, kepada pers, Selasa (1/10/2019) di Jayapura.

Dalam pertemuan dengan Gubernur Lukas, diungkap Musa’ad, Wagub Sulsel memastikan sebagian warganya, telah menyatakan diri untuk tetap tinggal dan mengabdi di Lembah Baliem, Wamena.

Hal demikian karena mereka telah berbaur dengan masyarakat di Wamena, bahkan telah kawin mawin dengan warga setempat. “Sehingga Wagub Sulsel telah memohon dukungan kepada Gubernur Papua untuk bisa koordinasi dengan semua pihak supaya kemanan bisa dijamin. Termasuk memohon dukungan Pemerintah Papua untuk dapat memperhatikan proses recovery atau pembangunan kembali berbagai perumahan maupun tempat usaha yang sudah habis terbakar,” terang ia.

Sementara Gubernur Lukas, disampaikan Asisten Musa’ad secara langsung telah menyampaikan ucapan turut berbelasungkawa kepada Wagub Sulsel, atas korban nyawa warganya yang terjadi di Wamena.

Lukas pun pada kesempatan itu berjanji segera berkoordinasi dengan Kapolda dan Pangdam, untuk memberikan jaminan keamanan kepada warga Sulsel dan lainnya yang tinggal di Wamena dan sekitarnya.