Pasific Pos.com
Olahraga

Pemprov Rencana Renovasi Stadion Mandala

Jayapura,- Pemerintah Provinsi Papua merencanakan melakukan pembenahan infrastruktur Stadion Mandala Jayapura,  terkait Papua akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.
Penegasan itu disampaikan Gubernur Papua, Lukas Enembe kepada wartawan usai melakukan teleconference dengan Presiden Susilo Bambang Yudhayono, akhir pekan kemarin.
Lukas Enembe mengatakan, perbaikan infrastruktur akan diprioritaskan pada beberapa bagian, sehingga lebih baik lagi. Jadi, selain melakukan pembangunan stadion baru, kita mungkin akan merenovasi stadion mandala, ini masih dalam tahap rencana, akan dibahas lagi,’’ ujar Gubernur Lukas Enembe.
Ia mengatakan,  untuk membangun infrastruktur venue-venue  PON di lima wilayah klaster di Papua,  dibutuhkan  pembiayaan Rp. 1,5 Triliun setiap tahun. Oleh karena itu, saya sudah bicara dengan Presiden terpilih untuk dapat dianggarkan di APBN.
Selain itu, gubernur menyebutkan persiapan lain yang harus dilakukan untuk menyukseskan Papua sebagai tuan rumah PON 2020, Pemerintah Provinsi Papua sudah mulai melakukan pembangunan di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura. ‘’Lokasi pembangunan venue di kampung harapan, sudah mulai bangun, tahap pertama kita bangun pagar dulu,’’ paparnya.
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua melakukan renovasi Stadion Mandala  tahun 2009, untuk menggelar laga internasional Liga Champions Asia. Jika hal tersebut kesampaian, maka ini merupakan kali kedua dilakukan renovasi oleh Pemerintah Provinsi Papua.