Pasific Pos.com
Info Papua

Pemprov Papua dan PUPR Bangun 150 Rumah di Asmat

JAYAPURA,- Pemerintah Provnsi Papua dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberikan bantuan stimulan rumah swadaya bagi 1.500 unit rumah sehingga menjadi rumah yang layak huni dan membangun rumah khusus di Asmat sebanyak 150 Unit.

Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Provinsi Papua, Daud Ngabalin mengatakan dari 150 unit rumah yang akan dibangun, pihaknya mengusulkan agar 50 unit dibangun di Korowai Batu Danowage.

“Ini sudah kami usulkan Pemerintah Provinsi Papua ke Kementerian PUPR, tapi yang jelas Kabupaten Asmat dan Danowage menjadi prioritas,” kata Daud kepada wartawan di sela-sela perayaan HUT Dinas Perumahan ke-1, di Jayapura, Selasa (27/2/2018).

Dikatakannya, pembangunan perumahan di Korowai menjadi prioritas gubernur pada saat melakukan kunjungan kerja kesana. Mengenai pendistribusian bahan, katanya, akan dilakukan melalui Kabupaten Mimika mengingat jaraknya lebih dekat dan mudah. Sedangkan Danowage akan dilakukan melalui Tanah Merah, Boven Digoel. “Mengenai biaya, semua asalnya dari APBN,” katanya.

Dia menambahkan, untuk tahun ini juga pihaknya berencana akan membangun 135 unit rumah layak huni bagi masyarakat kabupaten/kota dengan menggunakan dana Rp 60 miliar di anggarkan dalam DPA 2018.

“Dalam membangun rumah rakyat, kami tidak sendiri karena bersama-sama dengan pemerintah kabupaten/kota, dan Kementerian PUPR,” kata Daud.

Sebelumnya, dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Asmat pekan lalu, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto mengatakan akan dilakukan perbaikan jalan lingkungan berupa jalan panggung yang sudah lapuk menggunakan semen karena semakin sulitnya mendapatkan kayu di daerah tersebut. Sementara untuk melintasi sungai besar akan dibangun tiga jembatan gantung.

Kementerian PUPR juga memiliki program bantuan stimulan rumah swadaya sehingga menjadi rumah yang layak huni dan membangun rumah khusus di Kampung Syuru, Distrik Agats sebanyak 150 Unit.